Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Manfaat buah cempedak

Buah cempedak adalah sejenis buah  yang berasal dari kawasan Asia Tengah yaitu dari Malaysia, Indonesia dan Brunei Darussalam. Buah ini memiliki nama ilmiah Artocarpus champeden. Buah ini jika dilihat sepintas, bagian luarnya akan tampak seperti buah sukun, bagian dalamnya seperti buah nangka, sedangkan untuk baunya hampir mirip durian. Maka tak heran bila buah ini disebut juga buah yang merupakan kombinasi dari sukun, nangka dan durian. Untuk rasanya seperti durian bercampur mangga dan lebih manis dibanding dengan nangka. Tekstur daging buahnya ketika sudah matang juga lebih lembut, kenyal, lengket dan berserat.

Ternyata tak banyak orang di Indonesia yang mengetahui atau pernah mengkonsumsi buah ini. Meskipun demikian buah ini tetap buah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Dalam buah ini saja memiliki beberapa kandungan nutrisi dan senyawa yang bagus bagi tubuh.

Buah Cempedak
Gambar : Buah Cempedak

Kandungan Buah Cempedak

Buah cempedak pernah diteliti akan kandungan gizinya. Ternyata buah ini memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Menurut sumber dari Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI tahun 1992, bahwa buah cempedak memiliki beberapa kandungan sebagai berikut :
  • Air
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin B1
Manfaat Buah Cempedak
Gambar : Buah Cempedak

Khasiat Buah Cempedak bagi Kesehatan 

Buah cempedak memiliki rasa yang lezat. Oleh karena itu biasanya akan dimakan orang saat dalam keadaan masih segar. Tapi ada pula yang mengolahnya dengan cara lain seperti dibuat kolak atau digoreng.

Bahkan untuk masyarakat Banjar, Kalsel, biasanya malah mengkonsumsi kulit cempedak. Caranya dengan mengupas kulit luar cempedak sampai terlihat putih dan dibersihkan. Selanjutnya direndam dengan air garam sampai 3 hari agar lunak dan mengalami proses fermentasi. Setelah itu digoreng dan dinamakan dengan mandai goreng yang gurih dan khas.
Daun cempedak yang muda juga dipakai sebagai sayuran. Sedangkan untuk biji buahnya juga bisa diolah dengan cara direbus atau digoreng seperti biji nangka. Di negara Malaysia, akar dari pohon cempedak juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran jamu tradisional untuk wanita setelah melahirkan.

Salah satu manfaat buah cempedak bagi kesehatan adalah untuk menyehatkan mata. Itu karena cempedak memiliki kandungan vitamin A 200 SI pada setiap 100 gramnya. Kita tahu bahwa vitamin A memang berfungsi untuk menjaga kesehatan kornea mata agar bisa berfungsi dengan baik. Khasiat cempedak yang lain adalah menjaga kesehatan pencernaan dan bisa menekan kolesterol dalam darah. Hal itu karena cempedak memiliki kandungan serat pangan ditambah vitamin C yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah nangka.

Tak cukup sampai disitu saja, kulit dari batang cempedak memiliki kandungan senyawa heteriflavon C. Senyawa ini yang dipercaya mampu mengatasi parasit pemicu malaria. Buah ini juga memiliki nilai energi yang cukup tinggi karena tiap 100 gramnya memiliki energi sebesar 116 kkal. Kadar air buah cempedak juga cukup tinggi, hal ini tentu bagus sekali karena tubuh kita membutuhkan asupan air setiap harinya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Profesor Dr. Frank Yatsu, seorang ahli dari Amerika menyatakan bahwa apabila tubuh sudah memenuhi asupan air yang cukup akan membantu untuk mengencerkan darah, yang kemudian akan memperlancar suplai oksigen menuju ke otak sehingga bisa mencegah resiko terkena stroke.

Dapat kita simpulkan bahwa ada cukup banyak manfaat dan khasiat yang kita peroleh dari buah cempedak ini, baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan juga mencegah atau mengatasi berbagai macam penyakit. Ternyata tak hanya nikmat dan alami, buah ini menyimpan aneka manfaat sehat. Sebagai penulis, kami mohon maaf apabila ada salah kata dan terimakasih karena Anda telah meluangkan waktu untuk membaca. Jangan lupa juga untuk share ke sosial media Anda seperti facebook, twitter, atau Google + mengenai info manfaat buah cempedak untuk kesehatan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D