Manfaat Meluruskan atau Menyandarkan Kaki ke Tembok / Dinding

Kesehatanpedia - Olahraga merupakan aktivitas penting yang sangat disarankan dilakukan secara rutin demi menjaga kesehatan tubuh sehari-hari. Ini disebabkan karena dampak positifnya yang begitu banyak dan penting bagi tubuh. Nah, mungkin ada beberapa dari kita yang mungkin 'merasa' tak punya waktu atau terlalu sibuk, sehingga tak bisa menyempatkan untuk berolahraga atau sekedar melakukan stretching.

Bahasan kali ini, ada salah satu gerakan yang cukup sederhana dan bisa dilakukan dirumah, atau ketika waktu istirahat. Gerakan ini mungkin juga sudah familiar bagi anda, yakni gerakan mengangkat kaki di tembok saat berbaring. Bagi anda yang mungkin kurang familiar, berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat, ini guna mencegah penghambatan sirkulasi darah.
  2. Temukan tempat yang nyaman, bisa tempat tidur atau matras, yang dekat dengan tempat sandaran seperti tembok atau apapun yang dirasa aman dan kuat sebagai sandaran kaki, dengan sudut 90 derajat. 
  3. Silahkan anda berbaring dengan nyaman, kedua tangan disisi badan, tetap rileks. 
  4. Angkat kedua kaki, kemudian sandarkan ke tembok, dan tahan pada posisi ini, disarankan dilakukan kurang lebih 15 sampai 20 menit, atau sesuai keperluan anda jika tidak memungkinkan melakukannya lebih lama dari 20 menit.

Dan, dikutip dari laman brightside, pada dasarnya latihan ini akan memberikan manfaat yaitu meningkatkan sirkulasi darah. Yang kemudian secara tidak langsung berefek pada keuntungan positif lain yang dapat dirasakan oleh tubuh:

Berjalan lebih ringan

Ketika sirkulasi darah di kaki menjadi lebih lancar, maka akan membuat langkah kaki anda menjadi terasa lebih ringan. Terlebih bagi anda yang setiap hari bekerja atau melakukan aktivitas yang butuh banyak berjalan, hal ini tentu cukup menguntungkan. Dikatakan gerakan ini dapat memberikan efek meringankan langkah apabila dilakukan lebih rutin.

Wanita: Tak mudah lelah ketika mengenakan high-heels

Jika anda wanita, pecinta fashion dengan style alas kaki mengenakan high-heels. Atau mungkin ada acara tertentu sehingga diharuskan untuk memakainya, nah mungkin gerakan ini juga bisa membantu nantinya. Disebutkan bahwa ketika sirkulasi darah lancar, selain membuat berjalan lebih terasa ringan saat melangkahkan kaki, juga membuat anda tidak mudah capek saat mengenakan sepatu berhak tinggi atau high heels.

Melancarkan sistem pencernaan

Aliran darah dari kaki bisa meningkatkan suplai ke organ-organ dalam, salah satunya berefek pada pengoptimalan kinerja sistem pencernaan yang menjadi lebih lancar. Ketika gerakan ini dilakukan cukup rutin, akan membuat nutrisi diserap oleh tubuh lebih cepat setelah dicerna sebelumnya.

Mengatasi stess

Ketika anda berbaring, kemudian kaki terangkat dan disandarkan, biasanya tubuh akan merasa lebih rileks. Bernafas pun bisa lebih tenang, kemudian oksigen akan lebih banyak didapat oleh jaringan tubuh dan sirkulasi darah semakin lancar. Nutrisi akan diedarkan pada seluruh organ dalam. Lalu menurut sumber informasi tersebut, juga dikatakan bahwa akan berdampak pada sistem saraf yang lebih baik, mengurangi rasa tekanan yang ada di perut, leher dan kening. Sehingga stress pun bisa jadi lebih mereda.

Tidur lebih nyenyak

Ketika gerakan ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 15 menit, diyakini otak akan memperoleh oksigen yang lebih banyak. Hal ini nantinya memicu proses tidur menjadi lebih berkualitas dan semakin nyenyak.

Tentu saja, manfaat yang diperoleh setiap orang akan berbeda dikarenakan berbagai faktor seperti kualitas latihan atau kondisi tubuh yang berbeda. Bila ingin mencoba dan dirasa ini adalah latihan yang mudah dan aman, tak ada salahnya untuk melakukannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel