Manfaat Bermain Lompat Tali Setiap Hari bagi Tubuh

Kesehatanpedia - Saat masih kecil, lompat tali adalah permainan dan juga olahraga yang mungkin kerap anda lakukan bersama teman masa kecil anda. Masa-masa yang indah, bukan?

Nah, entah anda dulu pernah melakukannya atau tidak, tak masalah. Kali ini kita akan mengulas beberapa keuntungan bagi kesehatan dari aktivitas yang satu ini. Inilah manfaatnya:

Membentuk body bagian atas

Profesor dari Huntingdon College, Inggris  di bidang ilmu olahraga, Michele Olson menyatakan bahwa meskipun terlihat seolah hanya pergelangan tangan dan tangan saja yang bekerja, tetapi sebenarnya bahu dan tubuh bagian atas juga turut bekerja untuk mengontrol serta menstabilkan tali. Aktivitas ini tak cuma menyenangkan, tapi juga mampu membentuk tubuh bagian atas anda.

Koordinasi dan keseimbangan motorik yang lebih baik

Ada sebuah studi bersumber dari health liputan6, menyatakan jikalau anak-anak yang terbiasa melakukan lompat tali akan memiliki ability untuk koordinasi dan keseimbangan tubuh yang lebih baik ketika dia bermain sepakbola dibanding dengan yang tidak latihan. Aktivitas ini memang membutuhkan gerakan sinkroniasi dari seluruh tubuh, untuk itu efeknya cukup baik bagi kemampuan fisik ataupun motoriknya.

Membakar kalori

Ketika anda melakukan lompat tali dengan intensitas rata-rata, kurang lebih akan membakar 400 kalori. Untuk menurunkan berat badan, latihan ini akan cukup untuk membantu prosesnya. Serta mendukung hidup yang lebih sehat dengan berolahraga teratur berbagai varian.

Menguatkan tulang kaki sejak dini

Journal of Applied Physiology telah mempunyai data bahwasanya jika perempuan muda yang konsisten selama enam bulan melakukan latihan tiga kali seminggu dengan main lompat tali, memiliki efek peningkatan pada kepadatan mineral di tulang. Lalu, ketika saat usia tua ini bisa membantu mencegahnya agar tidak mudah patah.

Itulah beberapa keuntungan yang didapat bagi kesehatan dari kegiatan lompat tali. Untuk diingat, olahragalah dengan porsi secukupnya. Mendapatkan saran dari ahli akan lebih baik. Nah, apakah anda berminat memasukkan aktivitas ini kedalam salah satu jenis olahraga harian atau mingguan anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel