Tips Perawatan, Memotong, dan Gaya Rambut Kemaluan Wanita yang Sehat

Kesehatanpedia - Bulu atau rambut merupakan bagian penting yang tumbuh di kulit manusia. Selain fungsinya untuk kesehatan tubuh, bagi dunia kecantikan, rambut atau bulu adalah bagian yang sering menjadi perhatian untuk dirawat, baik itu untuk pria maupun wanita. Bagi wanita sendiri, rambut sering dibilang sebagai mahkota kecantikan, kemudian alis merupakan pendukung kecantikan wajah, sementara bulu seringkali menjadi aspek lain yang cenderung ingin segera dipangkas bila ia tumbuh.

Selain bulu yang kadang tumbuh di tangan, kaki, atau ketiak, bulu yang memiliki peran penting adalah bulu kemaluan. Rambut yang satu ini terletak di area organ intim dan perlu dijaga kebersihannya. Beberapa sumber saran mengatakan, untuk melakukan perawatan pada rambut ini cukup mudah yakni cukup membersihkannya secara rutin dengan sabun serta dijaga panjangnya. Namun, seperti yang dibilang diatas, wanita mungkin lebih suka untuk segera memangkas, mencukur, atau mencabut sampai habis dan bersih.

Dilansir dari laman Health, Ginekologis Donnica Moore, MD mengungkapkan bahwa rambut kemaluan ini tumbuh demi melindungi kulit area yang sangat sensitif. Oleh karenanya menurut penelitian, dalam BMJ Journals 2016 yang lalu menyatakan bahwa kalau ada semakin banyak rambut tumbuh pada area kewanitaan, maka hal itu akan lebih bagus. Dengan begitu, kemungkinan adanya iritasi menjadi semakin berukurang.

Akan tetapi selain kebersihan, menjaga kerapiannya juga perlu diperhatikan. Sebab, semakin panjang atau lebat, maka juga semakin tinggi pula kemungkinan untuk muncul kutu. Terlebih lagi, area ini kondisinya cenderung lembab dan hangat.

Dr Moore menambahkan, wanita disarankan agar tetap merawatnya dengan baik dengan cara menjaga tingkat kelebatannya. Solusinya adalah dengan memotong, dan bukan memangkas habis atau mencabut ataupun waxing. Karena hal ini juga bisa membantu mengurangi potensi kembangbiak bakteri.

Untuk gaya rambut yang sehat, tidak harus ada gaya-gaya atau style khusus. Intinya adalah tidak terlalu lebat dan tetap rapi serta membuatnya mudah untuk dibersihkan. Dr Moore juga mengatakan, bahwa cara memotong rambut kemaluan yang baik adalah yang dipangkas sedikit demi sedikit, bisa menggunakan sisir lalu memotongnya dengan gunting ataupun menjapitnya dengan jari kemudian digunting, layaknya memotong rambut kepala yang bercabang.

Pastikan kelebatan rambut kemaluan agar tidak lagi mengganggu, tidak mempengaruhi kenyamanan anda seperti membuat gatal atau memicu area Miss V menjadi lembab. Melakukan perawatan dengan rutin disarankan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel