Faktor yang Menyebabkan Ukuran Payudara Berbeda

Kesehatanpedia - Wanita memiliki ukuran payudara yang cenderung berbeda. Ternyata ukuran tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari kondisi tubuh hingga gaya hidup. Dikutip dari laman boldsky, berikut adalah beberapa faktor penyebabnya!

Gen

Gen merupakan faktor pertama yang menyebabkan besar kecilnya ukuran payudara. Apabila terjadi penghambatan pertumbuhan, ini bisa disebabkan oleh sindrom turner, yaitu terjadinya anomali kromosom yang membuat salah satu kromosom X hilang. Disamping itu, ketika perempuan tumbuh remaja, kemungkinan juga terjadi gagal kembangnya jaringan mamary grandular atau kurangnya IGT yang cukup memadai (hipoplasia mammae).

Hormon

Ketika seseorang mengalami beberapa masalah seperti mudah lelah walau aktivitas ringan, kurang fokus terlalu sering, munculnya banyak jerawat, rambut rontok dengan jumlah diatas normal, hingga tumbuh rambut di suatu area kulit yang berlebihan, ini bisa jadi akibat dari ketidakseimbangan hormon. Kondisi tersebut disinyalir sebagai salah satu faktor pertumbuhan payudara.

Nutrisi

Nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi kebutuhan dan kesehatan manusia. Untuk itu, penting untuk memiliki gaya hidup memakan makanan sehat, lebih bervariasi, dan bernutrisi yang cukup. Ketika dalam masa pubertas utamanya, hal ini juga perlu tetap konsisten memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Kandungan seperti mineral dan vitamin bisa berpengaruh pada pertumbuhan payudara.

Stres

Suasana emosi seseorang akibat stress hingga depresi ternyata juga mempengaruhi kesehatan. Maka dari itu penting untuk mengkondisikan pikiran agar tidak mudah stress atau depresi. Entah itu masalah, tugas-tugas, pekerjaan, atau kejadian tertentu mungkin membuat seseorang mengalami hal ini. Untuk itu diperlukan masa istirahat, relaksasi, hiburan, atau teman, dan solusi-solusi efektif lain untuk mengatasinya.

Nah, itu tadi beberapa faktor yang mempengaruhinya. Perlu diingat, hal pertama yang harus kita lakukan adalah bersyukur. Jangan merasa buruk pada diri sendiri atau membandingkannya dengan orang lain. Mulailah hidup lebih baik dan lebih sehat serta tetap percaya diri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel