Manfaat Buah Jambu Biji Merah bagi Kesehatan Tubuh

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata ada banyak manfaat buah jambu biji merah bagi kesehatan. Jambu biji merupakan buah yang banyak tersebar di wilayah Asia Tenggara, SriLangka, India sampai Asia Selatan. Memiliki nama latin Psidium guajava, buah ini memang cukup memikat. Warna buah yang merah dan rasanya yang manis, cocok dibuat jus ataupun dimakan langsung sebagai pencuci mulut
.
Jambu biji tergolong dalam jenis tanaman perdu. Pohonnya mempunyai batang yang keras dan cabang yang banyak. Kulitnya licin dan berwarna coklat, bila dikelupas akan terlihat permukaan yang basah.

Warna daunnya hijau bercorak bulat telur dengan ukuran yang relative besar. Saat musim berbunga akan tampak bunga kecil berwarna putih dibalik ketiak daun. Kita akan menemukan biji-biji yang banyak di dalam buah ini yang terbungkus oleh daging buah. Jambu biji tumbuh subur di daratan rendah sampai ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut.

Buah jambu biji warna kulit bagian luarnya hijau kekuningan saat masak dan daging buah berwarna putih saat masih muda. Kemudian akan berubah menjadi merah saat sudah tua. Saat masih muda rasanya akan masam sedangkan bila sudah tua rasanya akan manis dan mengandung air.


Buah Jambu Biji Merah
Jambu Biji Merah


Kandungan Nutrisi Buah Jambu Biji

Kandungan dari buah jambu biji ini antara lain vitamin A, B2, C, kalori, air, kalsium, fosfor, tannin, kalori, protein, dan zat besi. Jumlah vitamin C pada buah jambu biji jauh lebih tinggi dari kandungan vitamin C buah lainnya, seperti jeruk dan mangga.

Selain kandungan vitamin C pada buah jambu biji yang cukup tinggi, terdapat pula kandungan vitamin A yang tinggi pula. Terutama pada jambu biji yang berwarna putih untuk biji dan daging buahnya.

Pada 100 g jambu biji masak dapat ditemukan kandungan
  • Protein 0,9 gram,
  • Garam lemak 0,3 gram,
  • Karbohidrat 12,2 gram,
  • Kalsium 14 mg,
  • Fosfor 28 mg,
  • Zat besi 1,1 mg
  • Total kalori 49 kal.

Kandungan vitamin C sangat tinggi terjadi pada saat buah akan masak. Vitamin C tersebut lebih banyak dari buah jeruk yang hanya 49 mg per 100 gram buah.

Jambu biji mengandung lycopene, yakni senyawa karotenoid, pigmen penting dalam tumbuhan yang memberikan warna merah yang mempunyai aktivitas antioksidan berguna sebagai penangkal radikal bebas, sehingga tubuh akan terlindungi dari beberapa jenis penyakit, seperti kangker. Kandungan lycopene pada jambu biji merah cukup banyak, yaitu 5. 200 mg/100 gram buah. Lycopene merupakan salah satu senyawa fitonutrien atau fitokimia yang bermanfaaat bagi kesehatan.


Manfaat Buah Jambu Biji Merah
Khasiat Jambu Merah

Manfaat Buah Jambu Biji Merah


Setelah kita membahas mengenai kandungan nutrisi dan senyawa yang terkandung di dalamnya, sekarang saatnya kita mengulas mengenai manfaat sehatnya. Apa sajakah itu ?

1. Menyembuhkan demam berdarah

Tidak hanya di negara Indonesia saja yang mengatakan bahwa khasiat jambu merah dapat menyembuhkan demam berdarah, di negara lain di kawasan Asia seperti Philipina, Brunei, Thailand dan China, buah jambu merah juga terkenal sebagai buah yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bagian dari jambu biji yang dapat dijadikan obat untuk demam berdarah adalah daun dan sarinya. Caranya cukup dengan merebus daunnya dan meminum air rebusannya. Sedangkan untuk mendapatkan sarinya bisa dibuat sebagai jus. Dipercaya sari buah ini dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah dengan cepat. Selain itu juga dapat mengobati diare dan radang usus besar serta disentri.

2. Obat Diare

Jambu biji mengandung zat alkaline alami, desinfektan dan anti bakteri sehingga membantu dalam menyembuhkan diare serta disentri yang disebabkan oleh tumbuhnya mikroba yang mengurangi produksi lendir berlebihdari usus. Kemudian, kandungan lain dalam jambu biji seperti vitamin C dan potassium carotnoids membantu memperkuat system pencernaan.

3. Obat batuk dan pilek

Jus jambu biji merah bermanfaat untuk mengurangi lendir saat batuk dan pilek, melonggarkan saluran pernafasan. Selain itu, vitamin C yang tinggi dalam jambu biji dapat meningkatkan system kekebalan tubuh untuk melawan bermacam-macam infeksi yang menyebabkan sakit flu, demam, dan batuk.

4. Perawatan kecantikan kulit

Jambu biji merah juga berkhasiat untuk mengencangkan otot kulit yang sudah kendur, menjaga kulit tetap segar, keriput, bebas dari noda dan penyakit kulit lainnya. Cukup dengan memakan buah jambu biji merah segar secara langsung atau di buat jus. Dapat pula menggunakan kulit atau daun jambu biji merah dengan merebusnya dan meminum air rebusan daun jambu merah yang sebelumnya sudah dicuci terlebih dahulu.



Demikianlah informasi mengenai kandungan gizi berserta manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D