-->

Kenapa Nafas Lebih Bau saat Bangun Tidur? Ini Cara Agar Tidak Bau Mulut!

Kesehatanpedia - Ketika bangun tidur, terkadang ada hal yang cukup kurang mengenakan terjadi pada mulut, yakni nafas yang bau. Apalagi ketika sampai mendapatkan komentar dari rekan tidur dan membuatnya tidak nyaman, pasti cukup memalukan atau tidak enak bagi beberapa orang.

Ternyata hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari obat-obatan, efek alergi, kebiasaan merokok, mendengkur, atau bisa pula karena bernafas melalui mulut ketika tidur. Hal-hal tersebut dinyatakan bisa memicu mulut menjadi lebih kering.

Dilansir dari Everyday Health, menurut periodonti dari Washington, Sally J. Cram, menyatakan bahwa ketika seseorang tidur, maka aliran ludah akan semakin menurun. Kemudian inilah yang membuat nafas semakin bau ketika bangun tidur.

Nah, untuk mengatasinya ada beberapa tips. Yang pertama yaitu menggosok gigi dan lidah sebelum tidur, kemudian kedua melakukan flossing menggunakan benang gigi, lalu yang ketiga adalah memakai produk mouthwash untuk berkumur. Sally juga menambahkan, sebaiknya setelah melakukan hal tersebut, tidak makan atau minum yang menimbulkan sisa di mulut.

Kemudian, dokter gigi yang berbasis di New York, yakni Irwin Smigel mengatakan bahwa 85% dari bau mulut umumnya berasal dari lidah, maka dari itu membersihkan lidah sebelum tidur disarankan. Tak hanya itu, dokter gigi di Farmington, Kimberly Harms turut menyarankan untuk melakukan pembersihan gigi dengan benang, karena hal ini sama pentingnya dengan gosok gigi. Benang difungsikan untuk mengangkat sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang tak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Kimberly manambahkan, jangan lupa berkumur dengan mouthwash sesuai petunjuk pemakaiannya. Disarankan supaya agak lama, setidaknya 10 detik atau sesuai petunjuk, supaya efektif untuk membunuh bakteri.

Itulah tadi beberapa penyebab dan tips mengatasi bau mulut sesudah bangun tidur di pagi hari. Bila dilakukan dengan rutin, mungkin saja akan bisa mengatasi masalah anda terhadap bau mulut, sehingga bangun pagi pun jadi lebih segar dan percaya diri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel