Manfaat Buah Bit untuk Bayi dan Ibu Hamil

Bit merupakan jenis dari umbi-umbian yang bergizi tinggi. Maka tak heran jika ada banyak manfaat buah bit untuk bayi dan juga ibu hamil. Tanamannya memiliki tinggi sekitar 1 meter sampai dengan 3 meter. Dengan nama latin Beta vulgaris yang berasal dari family Amaranthaceae tanaman ini memiliki manfaat yang banyak.

Buah bit berwarna merah keungu-unguan, dikarenakan adanya gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasianin. Asal muasal buah bit dari negara Amerika Utara dan Inggris. Tanaman ini dikenal sebagai penghasil gula pada zaman Napoleon Bonaparte, saat ini tanaman bit sudah dapat Anda jumpai di daerah Asia.

Kandungan Nutrisi Buah Bit


Sebelum kita membahas mengenai khasiatnya, alangkah baiknya kita bahas dulu sekilas mengenai kandungan gizinya. Berikut ini merupakan kandungan nutrisi dan senyawa yang terkandung di dalam buah bit.
  • Serat
  • Kalium
  • Zat besi
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Asam folat
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Tripofan
  • Betasianin
  • Caumarin

 
Manfaat Buah Bit untuk Bayi
Buah Bit untuk Bayi

 Manfaat Buah Bit untuk Bayi

Bagi bayi yang diberi asupan buah bit secara rutin dapat bermanfaat untuk kesehatannya, diantaranya yaitu :

1. Menstabilkan darah

Dengan mengkonsumsi buah bit bagi bayi, sangat bermanfat dalam menstabilkan sel darah merah. Sehingga akan membuat bayi akan terhindar dari gejala anemia.

2. Menjaga daya tahan tubuh bayi

Kandungan vitamin C serta antioksidan yang terdapat pada buah bit mampu menjaga system kekebalan tubuh pada bayi dari serangan virus dan juga zat – zat radikal bebas, sehingga dapat terhindar dari penyakit dan tidak mudah sakit.

3. Mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium dalam buah bit bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, sehingga bayi cepat belajar untuk bergerak dan berjalan.

4. Melancarkan saluran pencernaan

Alat pencernaan pada bayi masih rentan untuk memakan makanan yang berat, sehingga beresiko sulit untuk buang air besar. Untuk itu, disarankan bayi diberi asupan buah bit agar pencernaannya lancar. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C pada buah bit dan serat alami yang baik untuk alat pencernaan pada bayi. 

5. Mencegah peradangan

Buah bit banyak mengandung mineral yang sangat baik untuk kesehatan bayi. Mineral ini berfungsi untuk menahan peradangan dalam tubuh bayi yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

6. Mencerdaskan otak

Apabila seorang bayi diberikan asupan buah bit akan membantu dalam meningkatkan fungsi otak. Hal ini tentu membuat bayi akan lebih cepat tanggap dan cerdas.

7. Menjaga kesehatan mata

Kandungan bêta-karoten yang terdapat pada buah bit mampu menigkatkan dan menjaga kesehatan maata bayi, sehingga bayi akan terhindar dari rabun mata dan penyakit mata.


8. Menjaga kesehatan kulit

Kulit bayi tentunya masih tipis dan mudah mengalami alergi. Buah bit akan membantu menjaga kesehatan kulit bayi.

Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaatnya buah bit untuk ibu hamil, diantaranya yaitu :

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Buah memiliki kandungan senyawa antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi, kedua kandungan itu bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai macam bakteri dan virus yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Maka jika seorang ibu hamil mengkonsumsi buah bit secara teratur dan rutin akan terjaga kesehatannya dan janin yang dikandung akan sehat serta tumbuh cepat.

2. Menurunkan kolesterol darah

Pada masa hamil biasanya akan terjadi peningkatan berat badan yang tidak terkontrol, sehingga bisa mengakibatkan kolesterol jahat meningkat. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi secara rutin buah bit setiap hari agar dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Mencegah anemia

Selain menjaga kesehatan janin, buah bit juga bermanfaat untuk mencegah terkena anemia pada ibu hamil. Buah bit mengandung zat besi yang dapat membantu menstabilkan dan membentuk sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil yang mengalami anemia. Ibu hamil yang mengalami anemia akan merasa mudah lelah dan beresiko bagi kesehatan janin dalam kandungan.
  

4. Mencegah kanker

Karena kondisi tubuh ibu hamil yang tidak stabil akan rentan berisiko terkena kanker. Oleh karena itu, ibu hamil harus rutin memeriksa kondisi kesehatannya ke dokter kandungan. Hal ini bertujuan untuk memantau pertumbuhan sang janin, selain itu dapat didampingi dengan mengkonsumsi buah bit. Buah bit memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal adanya radikal bebas dan menghancurkan sel-sel penyebab kangker
.

5. Menjaga stamina

Dengan mengkonsumsi buat setiap hari secara rutin saat hamil dapat mencegah kelelahan dan dapat mengembalikan stamina akibat rutinitas sehari-hari, karena buat bit mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk ibu hamil. Sebab itu, ibu hamil harus menjaga tubuhnya agar tidak mudah lelah dikarenakan dapat melemahkan kandungan.

6. Melancarkan saluran pencernaan

Buah bit mengandung serat yang bekhasiat untuk melancarkan saluran perncernaan, sehingga ibu hamil dapat terhindar dari resiko susah buang air besar, sembelit, diare dan mempu membuang racun dalam usus.



Itulah beberapa manfaat buah bit untuk bayi dan ibu hamil. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada salah kata.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D