Khasiat Buah Pear untuk Kesehatan

Khasiat buah pear

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah pear alias buah pir ini. Buah ini memang salah satu jenis buah yang diminati oleh banyak orang karena kelezatan buahnya dan kesegarannya. Dan ternyata tak hanya rasanya yang menyegarkan, khasiatnya juga benar-benar bermanfaat bagi tubuh kita apabila dikonsumsi. 

Kandungan Buah Pear

Banyak orang yang belum tahu bahwa buah pear ini punya banyak manfaat bagi kesehatan. Dan banyak juga yang belum tahu bahwa manfaat terbesarnya justru terletak pada bagian kulit buahnya. Hal ini membuat kita agar disarankan untuk mengonsumsi buah pir tanpa mengupas kulit buahnya terlebih dahulu. Karena mengupas kulit buah sama halnya dengan menghilangkan kandungan gizinya.

Kulit buah pir ini memiliki sebagian besar senyawa yang terkandung dalam buahnya. Ditambah lagi ada kandungan seperti quercetin. Quercetin adalah salah satu zat antioksidan dan juga flavonoid yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadi peradangan. Meskipun jumlahnya tak begitu besar jika dibandingkan dengan bawang bombay atau buah apel, akan tetapi zat tersebut adalah salah satu jenis nutien yang baik dan terkandung dalam buah pear alias pir ini.


Khasiat Buah Pear
Gambar : Buah Pear

Manfaat Buah Pear bagi Kesehatan

Dibalik rasanya yang lezat dan menyegarkan, buah pir tetap menjadi buah yang menyimpan berbagai manfaat sehat dalam hal kesehatan tubuh. Setiap hari setidaknya kita perlu mengonsumsi buah agar bisa melengkapi menu 4 sehat + 5 sempurna. Buah pir merupakan buah yang bisa kita manfaatkan sebagai menu buah setiap hari. Lalu apa sajakah khasiat buah pir ini ? Inilah manfaatnya !

Mengontrol tekanan darah

Hasil penelitian dari The George Mateljan Foundation, menyimpulkan bahwa buah pear adalah buah yang memiliki kandungan serat pangan baik. Ini karena dengan mengonsumsi pear saja, kita sudah bisa memenuhi sekitar 20 % kebutuhan tubuh mengenai serat pangan dalam sehari. Kandungan serat pangan tersebut juga berperan untuk menurunkan kolesterol dan baik untuk penderita diabetes. Selain itu dengan mengonsumsi serat pangan dengan jumlah yang cukup, akan membantu mencegah peradangan usus dan bisa mengatasi sembelit. Apalagi buah pir juga mengandung vitamin K, vitamin C, dan tembaga. Hal ini tentu akan melengkapi nutrisi yang di butuhkan tubuh setiap harinya. Karena kombinasi serat dan tembaga juga membantu mencegah kanker kolon.

Anti Kanker

Buah pear memiliki kandungan senyawa asam klorogenat. Asam kolorogenat adalah senyawa yang merupakan bagian dari asam hidroksi sinamat. Fungsi dari senyawa ini adalah sebagai antioksidan untuk mencegah terbentuk sel kanker. Penelitian juga membuktikan bahwa asam dalam buah pear mampu mencegah hidupnya bakteri Shigella Sonnei. Bakteri Shigella Sonnei merupakan sejenis bakteri pemicu penyakit pada sistem pencernaan. Kemudian, asam hidroksi sinamat adalah salah satu senyawa yang bisa mencegah kanker kolon. Hal itu terjadi karena asam hidroksi sinamat bisa mengikat nitrat dalam tubuh yang biasanya menghambat proses pembentukan nitrosanin. Selain itu, nutrosanin juga merupakan senyawa penyebab kanker (karsinogenerik).


Kaya akan Vitamin

Vitamin merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, Buah pir mengandung vitamin C yang sudah mencukupi 17 % kebutuhan vitamin dalam sehari. Kita tahu bahwa vitamin C adalah vitamin yang memiliki banyak manfaat seperti mengangkut lemak, membantu proses pembuatan kolagen, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur tingkat kolesterol, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, menyehatkan gusi, dan mengangkut elektron dalam reaksi enzemik.

Tak hanya vitamin C, vitamin lain yang terkandung dalam buah pear adalah vitamin K. Vitamin K dalam buah pir sudah mencukup 15 % kebutuhan tubuh dalam sehari. Sedangkan manfaat vitamin K bagi tubuh adalah untuk mencegah sakit stroke dan penyakit jantung, membantu sistem pembekuan darah dan luka.


Buah Pir Hijau
Gambar : Buah Pir

Khasiat Buah Pir untuk Kesehatan

Selain beberapa manfaat tersebut, masih ada beberapa manfaat lain buah pear untuk kesehatan tubuh. Beberapa khasiat buah pear itu antara lain :

  • Mencegah radikal bebas
  • Mencegah serangan kanker
  • Mencegah sakit jantung
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)
  • Sebagai Anti bodi
  • Sebagai penambah energi
  • Mengatasi peradangan
  • Mengendalikan tekanan darah
  • Obat sesak napas
  • Mengatasi kulit berminyak
  • Mencegah kulit keriput
  • Obat jerawat
  • Bahan perawatan bibir
  • Mengilaukan rambut
  • Melebatkan rambut


PENTING , BACA INI !

1. Khasiat Buah Pace / Mengkudu / Noni
2. Khasiat Buah Kelengkeng, Banyak Orang yang Tidak Tahu !


Buah ini memang buah menyimpan banyak khasiat, maka mulai dari sekarang kita bisa menambahkan buah ini sebagai menu harian buah-buahan kita. Sebagai penulis, kami mohon maaf apabila ada salah kata dan terima kasih karena Anda sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai khasiat buah pear.


Advertisement

Artikel Lainnya :-D