Kandungan Gizi & Manfaat Popcorn (Berondong) bagi Kesehatan

Kesehatanpedia - Mungkin beberapa dari anda pernah penasaran, apakah pop corn atau sering juga kita sebut berondong itu termasuk makanan sehat atau tidak? Hal ini dikarenakan pemrosesan dari jagungnya menggunakan minyak atau margarin, yang ini membuat anda bertanya-tanya. Makanan yang identik sebagai teman nonton ini, memang cukup enak dan sering jadi kebiasaan sebagai makanan favorit sebagian orang.

Nah, dilansir dari laman Women's Health, owner Abby Langer Nutrition di Toronto, Canada yaitu Abby Langer, R.D menyatakan bahwa pop corn memiliki kandungan serat yang tinggi, selain itu juga mempunyai kandungan kalori yang rendah. Posturnya yang mengembang juga membuat seseorang yang makan cenderung akan bisa kenyang lebih lama. Plus dapat memuaskan keinginan ketika mau ngemil dengan teksturnya yang renyah. Akan tetapi, beberapa orang justru berlebihan ketika memakannya. Akibatnya kalori yang dikonsumsi pun bisa lebih banyak dari biasanya.

Kemudian menurut data dari USDA (United States Department of Agriculture), berikut ini adalah kandungan nutrisi dari pop corn:

  • Kalori: 31, 
  • Protein: 1 g, 
  • Karbohidrat: 6 g, 
  • Lemak: 0.4 g, 
  • Lemak jenuh: 0 g, 
  • Serat: 1 g, 
  • Sodium: 1 mg, 
  • dan Gula: 0.07 g.

*Data diatas diukur berdasarkan 1 cup dengan berat 8 g.

Perlu diingat, bahwa kandungan tersebut pun bisa berubah apabila versi pop cornnya berbeda. Karena seringkali makanan yang satu ini ditambahi beberapa jenis toping seperti karamel dan sirup. Jika ingin lebih sehat, memang disarankan untuk konsumsi secara lebih alami tanpa menambahkan hal-hal lain yang kurang menyehatkan.

Dan ya, jika membeli secara langsung memang biasanya sudah ditambahi perisa, pewarna, atau sirup, mungkin juga agak sulit menemukan yang lebih alami. Maka dari itu solusinya membuat sendiri (bagi yang sudah punya peralatannya) atau membeli langsung yang sudah tanpa topping, atau pesan pada pembuat / penjualnya dengan tanpa toping. Dan jika anda merasa ini kurang nikmat, anda bisa memanfaatkan kreativitas anda dengan menggantinya dengan toping sirup buah alami atau solusi-solusi cerdas lainnya.

Menjadi sehat kadang memang terkesan menantang, tapi disitulah bagaimana anda bisa membuktikan bahwa anda peduli serta sayang dengan kesehatan anda dan keluarga anda. :-)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel