Manfaat dan Khasiat buah Pace (Mengkudu) untuk Kesehatan

Buah pace atau lebih popular lagi dengan nama mengkudu dikenal sejak zaman nenek moyang kita sebagai obat tradisional yang terbukti telah menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mengkudu yang termasuk family Rubiaceae ini memiliki nama latin Morinda citrifolia. Selain buahnya, terdapat beberapa manfaat lain yang terkandung dalam akar, batang dan daunnya yang bisa dijadikan obat. Sebelum kita mengulas tentang manfaatnya, mari kita ketahui dulu beberapa kandungan yang ada di dalam buah alami ini.

Kandungan Nutrisi & Senyawa Buah Pace

Khasiat Buah Pace
Gambar : Buah Pace
Sebenarnya ada beberapa macam nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam buah pace (mengkudu).  Baik nutrisi maupun senyawa tersebut berperan baik bagi tubuh kita. Nutrisi yang terkandung dalam buah pace antara lain ialah vitamin, mineral seperti zat antioksidan, dan protein. Kemudian senyawa penting yang terdapat dalam buah pace antara lain yaitu magnesium, lycine, plant sterois, sosium, xeronine, arginine, alizarin, phenylalanine, caprylic acid, trace elemens, antra quinines, dan proxeronine. Tentunya masih banyak lagi zat-zat lainnya yang terkandung didalamnya, seperti zat anti kanker, scolopetin, xeronine, terpenoid, serta proxeronine.



Khasiat Buah Pace (Mengkudu) bagi Kesehatan


Buah pace alias mengkudu ini memang buah yang memiliki banyak khasiat, terutama dalam bidang kesehatan. Meskipun rasanya kurang enak jika dikonsumsi langsung, namun tahukah Anda apa saja manfaatnya ?

  • Menjaga daya tahan tubuh

Buah pace memang memiliki beberapa kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi buah pace yang dilengkapi dengan berbagai vitamin, mineral, enzim, peptide, dan juga asam amino diketahui dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah pace atau mengkudu, yaitu vitamin E dan koenzim Q10 yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap efek radikal bebas. Sehingga akan baik jika Anda mengonsumsi jus mengkudu yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

  • Menjaga kestabilan tekanan darah

Nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu mampu membantu menjaga kestabilan tekanan darah, sehingga dengan mengkonsumsi jus pace (mengkudu) juga akan bisa mencegah terkena hipertensi.

  • Anti kuman

Buah pace (mengkudu) mengandung senyawa alami seperti skopoletin dan antrakuinon. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai antibakteri, antiparasit, dan anti jamur sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Anti inflamasi

Buah Pace, Mengkudu, Noni
Gambar : Buah Pace
Buah pace bermanfaat sebagai anti inflamasi, yaitu dapat menurunkan adanya resiko terkena serangan jantung dan juga dapat mencegah peradangan.

  • Zat analgesik

Buah mengkudu mengandung 75% zat analgesik yang diketahui dapat meredakan nyeri pada persendian. Buah mengkudu bermanfaat sebagai pereda nyeri, sedangkan daun mengkudu bermanfaat sebagai pereda sakit kepala.

  • Zat anti kanker

Senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang terdapat dalam buah pace dapat berfungsi sebagai zat anti kanker, dan mencegah terjadinya kerusakan DNA, serta memelihara sel-sel sehat yang terdapat dalam tubuh.




Manfaat Lain Buah Pace bagi Kesehatan

Selain beberapa khasiat yang sudah di tulis diatas, masih ada lagi beberapa manfaat lain dari buah pace (mengkudu). Manfaat itu antara lain :

  • Gangguan system pencernaan

Membantu mengatasi masalah radang lambung, perut kembung, keracunan makanan, luka pada usus halus, dan muntah-muntah.

  • Penyakit kulit

Penyakit kulit yang dapat diatasi dengan buah pace seperti luka pada kulit, bisul, kurap, luka bakar, kudis, borok, radang kulit, selulit, ketombe, cacing kulit dan berbagai penyakit kulit lainnya.

  • Masalah system kardiovaskular

Pace mampu mengatasi beberapa masalah seperti kolesterol tinggi, membantu meningkatkan transportasi oksigen dalam sel, dan penebalan otot jantung.

  • Gangguan system pernafasan

Gangguan sistem pernapasan yang dapat diatasi dengan buah pace ialah batuk, sakit tenggorokan, TBC, bronchitis, sinusitis, demam pada bayi, asma, dan kolera.

  • Sakit mulut & tenggorokan

Buah mengkudu membantu mengatasi masalah radang tenggorokan, batuk, sakit gigi, sariawan dan gusi berdarah.

  • Gangguan menstruasi

Nyeri pada waktu haid, sindrom pra menstruasi, dan siklus haid yang tidak teratur dapat diatasi dengan konsumsi buah pace.

  • Defesiensi terhadap daya tahan tubuh

Penyakit virus Epstein-Barr, kekurangan tenaga (AES/altered energy syndrome), candidiasis kronis, dan penyakit yang diakibatkan virus HIV dipercaya dapat dibantu diatasi dengan buah ini.

  • Penyakit dalam

Beberapa manfaat mengkudu alias buah pace yang diyakini dapat digunakan sebagai obat penyakit dalam ialah diabetes, kencing batu, hepatitis kronis, gangguan fungsi ginjal, gangguan pada hormon tiroid, sakit pada pinggul dan dapat meredakan sakit kepala.
                

  • Menjaga agar lebih awet muda

Anda bisa membuat tonik dari sari buah mengkudu untuk mencegah keriput yang diakibatkan karena adanya proses penuaan.


BACA JUGA :

1. Manfaat Buah Kecapi Tahukah Anda ?
2. Manfaat Buah Ciplukan Si Buah Tanaman Liar yang Sangat Mujarab.


Itulah sekilas mengenai manfaat buah mengkudu alias pace bagi kesehatan dan mengatasi beberapa macam penyakit. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya ! Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk share informasi mengenai khasiat buah pace ini ke jejaring sosial Anda.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D