-->

Manfaat Omega 3 pada Ikan Tuna bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi / Makan Ikan Tuna untuk Kesehatan Tubuh

Ikan tuna merupakan jenis ikan yang banyak digemari baik di dalam dan di luar negeri serta sering bermigrasi secara berkelompok. Tata letak perairan Indonesia diantara samudra pasifik dan Hindia merupakan posisi dimana ikan tuna sering melintas, jadi menguntungkan bagi para nelayan di sekitar perairan tersebut.

Ikan tuna diperoleh dari hasil dari langsung menangkap di laut karena belum ada yang bisa membudidayakan. Keberhasilan mendapatkan ikan tuna dilihat dari keahlian dan ketrampilan para nelayan memahami kebiasaan dan tingkah laku ikan  tuna tersebut.


Kandungan Omega-3 & Manfaat Makan Ikan Tuna untuk Tubuh


Ikan tuna sudah dikenal dengan kandungan omega-3 yang baik bagi kesehatan. Selain itu, ada kandungan gizi yang lainnya seperti protein, vitamin, fosfor, magnesium, dan thiamin yang dapat mencegah beberapa macam penyakit seperti stoke dan diabetes serta manfaat lain bagi kesehatan.


Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan dan Diet


  • Mencegah Stroke dan Obesitas
Adanya kandungan gizi yang sangat tinggi pada ikan tuna berguna bagi kesehatan, salah satunya mencegah penyakit stroke dan obesitas. Menurut sebuah penelitian, makan ikan tuna 4 hingga 5 kali dalam satu minggu dapat menekan terjadinya stroke sebanyak 27%. Selain itu,  ikan tuna juga bermanfaat mencegah obesitas dan mengobati diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan kandungan EPA yang sangat tinggi pada ikan tuna.


  • Menjaga Kesehatan Jantung
Tingginya Kandungan omega-3 dalam ikan tuna dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat memicu terjadinya penyumbatan aliran darah ke jantung. Selain itu, juga bermanfaat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.


  • Mencegah Kanker Payudara
Kandungan omega-3 pada ikan tuna selain baik untuk kesehatan jantung, ternyata kandungan tersebut juga dapat mencegah kanker payudara. Omega-3 akan menghambat kerja enzim proinflammatory yang mendukung timbulnya kanker payudara dan juga mencegah aktivitas sel penyebab kanker.


  • Menjaga Kesehatan Mata
Dengan adanya kandungan omega-3 pada ikan tuna dapat menjaga kesehatan mata yang dapat membuat hilangnya penglihatan pada usia tua.


  • Mempertajam Ingatan
Omega-3 di dalam ikan tuna juga berfungsi meningkatkan fungsi kognitif atau ingatan pada otak, sehingga dapat mencegah penyakit Alzheimer. Penderita Alzheimer akan menderita gangguan untuk menyampaikan impuls ke otak.

Nah, itulah tadi manfaat dari omega-3 pada ikan tuna yang dapat mencegah terjadinya stroke dan obesitas. Jadi, omega-3 memiliki banyak manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita, jadi perbanyak mengkonsumsi jenis ikan laut yang memiliki kandungan gizi tinggi agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan jangan lupa selalu rutin berolahraga. Happy healthy!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel