-->

Manfaat Biji Duku untuk Kesehatan

Manfaat biji duku cukuplah unik, kita tahu bahwa duku merupakan jenis buah-buahan yang berasal dari suku Meliaceae. Tanaman ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, celoring, dan pisitan. Duku berasal dari Asia Tenggara bagian barat, biasanya beberapa bagian dari tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat. Seperti biji duku yang pahit dapat dijadikan obat cacing dan juga obat demam dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan air. Sebagai obat malaria dan malaria dengan menggunakan kulit kayunya, sementara tepung dari kulit duku dapat dijadikan obat karena gigitan kalajengking. Kulit dari buah duku yang dikeringkan dapat digunakan sebagai obat pengusir nyamuk di Filipina dan kulit buahnya juga dapat digunakan sebagai obat diare.

manfaat biji duku
Photo by CalliopejenCC BY-SA 3.0
Dari penelitian yang dilakukan terhadap 100 gram buah duku dengan jumlah yang dapat dikonsumsi 64 %, didapatkan kandungan energy sebesar 63 kkal, karbohidrat 16,1 gr, protein 1 gr, kalsium 18 mg, lemak 0,2 gr, zat besi 1 mg dan fosfo 9 mg. selain itu di dalam buah duku terdapat kandungan vitamin A 0 IU, vitamin C 9 miligram, dan vitamin B1 sebanyak 0,05 miligram.

Perbanyakan buah duku biasanya dengan biji, secara sengaja dikumpulkan bijinya, kemudian disemaikan. Adapula yang mengumpulkan cabutan semai spontan dari pohon induknya, tetapi cara tersebut memakan waktu yang lama, karena harus menunggu pohon induk hingga 20-25 tahun baru pohon ini menghasilkan dan belum dapat dipastikan kualitasnya sama dengan induknya.

Khasiat Biji Duku

Duku memiliki nama latin Lansium domesticum Corr, biji dari buahnya secara empiris telah diyakini oleh masyarakat Kalimantan memiliki khasiat menurunkan demam. Akan tetapi khasiat tersebut perlu dikaji dan dibuktikan kebenarannya dengan pendekatan ilmiah, sehingga kita dapat mengetahui khasiat yang sebenarnya. Kemudian penelitian ini pun dilakukan dan bertujuan untuk mengetahui potensi yang ditimbulkan oleh biji buah duku sebagai obat penurun panas atau antipiretik.

Antipiretik berkerja sebagai penghambat aktivitas enzim siklooksigenase yang mengkatalisis reaksi pembentukan prostaglandin yakni senyawa yang dapat merangsang peningkatan suhu tubuh. Dengan menguji ekstrak etanol biji buah duku terhadap 30 ekor tikus yang telah didemamkan dengan penyuntikan vaksin telah menunjukan bahwa ektrak tersebut dapat mencegah suhu tubuh tikus putih jantan.
Demikian sekilas informasi mengenai manfaat biji duku untuk kesehatan.  Semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel