Manfaat Biji Teratai untuk Kesehatan

Manfaat Biji Teratai

Teratai atau terate merupakan nama genus tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Sekitar 50 spesies teratai yang telah tersebar dari wilayah tropis sampai dengan subtropis diseluruh dunia. Teratai yang tumbuh didaerah tropis berasal dari Mesir. Teratai memiliki warna bunga yang sangat cantik dan dijadikan tanaman di kebun-kebun karena keindahan bunganya. Warna teratai sangatlah unik, apabila warnanya putih terlihat lebih putih, apabila merah terlihat lebih merah dan apabila warnanya merah muda akan terlihat makin terang warnanya.

Teratai merupakan tanaman yang dapat dijadikan obat herbal dari setiap bagiannya, mulai dari umbi sampai dengan bijinya. Tanaman teratai memiliki kandungan senyawa yang berguna bagi kesehatan. Diantaranya terdapat karbohidrat, protein, lemak, karoten, vitamin B1,B7, dan C, asam nikotinat, kalsium, zat besi dan fosfor yang terdapat pada bijinya.


Manfaat Biji Teratai
Khasiat Biji Teratai

Khasiat Biji Teratai

Inilah beberapa manfaat atau khasiat biji teratai untuk kesehatan dan mengobati penyakit alias obat herbal alami :

  • Mengembalikan stamina yang sudah hilang
Biji teratai dapat mengembalikan stamina tubuh setelah sakit parah, melahirkan, dan  mengembalikan tenaga setelah bekerja yang berlebihan. Caranya, ambil 30 gram daging biji teratai, 30 gram anggur merah, 30 gram gula merah, dan juga dua butir ayam kampung. Kukus semua bahan tersebut sampai matang dan makan setiap malam hari.

  • Meredakan disentri yang tidak kunjung sembuh
Caranya dengan mengambil 30 gram daging biji teratai, lalu kukus sampai matang. Setelah itu, jemur sampai kering dan tumbuk atau bisa juga di blender sampai halus seperti bubuk. Bubuk ini bisa Anda campurkan ke dalam makanan sehari-hari.

  • Menghilangkan panas
Biji teratai memiliki rasa yang pahit, namun menyegarkan. Khasiat yang terdapat pada bijinya dapat meredakan panas di dalam perut, menghentikan pendarahan, dan mencegah mimpi basah pada malam hari.  Terdapat kandungan karbohidrat, kanji, fosfor, protein, minyak, kalsium dan juga zat besi di daging buah biji teratai. Selain itu, biji teratai juga mengandung banyak glikosida dan alkaloid, dll. Saat ini Anda bida mendapatkan biji teratai di toko obat China.

  • Mengembalikan fungsi limpa usai diare
Caranya dengan mengambil daging bah biji teratai sebanyak 120 gram dan 120 gram beras. Kemudian sangria kedua bahan tersebut secara terpisah sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Blender atau haluskan kedua bahan tersebut dan campur dengan 2 sendok teh gula pasir plus air matang. Setelah itu, dapat Anda gunakan dengan cara mengkompres kan  pada daerah yang sakit.


Jangan lupa, baca juga ini :

>>> Manfaat Biji Nangka Rebus
>>> Khasiat Biji Buah Cempedak


Semoga artikel manfaat biji teratai bagi kesehatan ini bisa Anda jadikan sebagai penambah wawasan Anda!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D