Suplemen yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Saat sedang hamil, wanita memang disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisinya. Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, hal ini juga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan dan perkembangan janin saat berada di dalam rahim.
 
Suplemen yang harus dihindari oleh ibu hamil
Image Source: pixabay.com
Terkadang karena mempunyai keinginan untuk memberikan nutrisi terbaik untuk janin, ibu hamil rela untuk mengkonsumsi suplemen tambahan. Padahal, jika tidak dikontrol dengan baik hal ini justru akan memberikan dampak buruk bagi ibu dan janinnya. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin mengkonsumsi tambahan untuk ibu hamil. Pasalnya, ada beberapa suplemen seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K yang membahayakan kondisi janin dan ibunya karena suplemen tersebut mempunyai sifat regenerasi sel.

Pernyataan tersebut telah dijelaskan oleh Dr. Theresia  Tedjasukmana yang berasal dari Skin Care and Body Treatment Klinik Ariesta. Dr. Theresia menjelaskan bahwa ibu hamil harus menghindari mengkonsumsi suplemen vitamin A, D, E dan K karena dapat menyebabkan multiple organ seperti bayi yang lahir dengan kelebihan jari, kepala dempet dan masalah multiple organ lainnya. Hal tersebut disebabkan karena suplemen-suplemen vitamin tersebut mempunyai fungsi untuk mempercepat pembelahan sel. Pada orang yang sakit, suplemen ini memang sangat membantu namun cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jika membutuhkan asupan vitamin tersebut, sebaiknya perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan jenis apapun yang mengandung vitamin tersebut, seperti sayuran, buah-buahan dan sumber makanan lainnya. (Baca juga: Perawatan Tubuh yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Ibu Hamil)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D