Perawatan Tubuh yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Ibu Hamil

Wanita yang selalu ingin tampil cantik membuat mereka rela melakukan apapun untuk bisa terlihat menarik, termasuk pada saat hamil. Akan tetapi karena kebiasaan dan merasa cocok pada saat menggunakan salah satu produk kecantikan, kebanyakan ibu hamil tidak memeriksa keamanan produk tersebut untuk janinnya. Padahal ada beberapa perawatan tubuh yang tidak boleh dilakukan untuk ibu hamil.


Perawatan tubuh yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil
Image Source: pixabay.com
Terdapat beberapa produk kecantikan yang mengandung bahan tertentu dan mudah masuk ke dalam darah termasuk janin sehingga dapat menimbulkan gangguan pada perkembangan janin. Berikut ini ada beberapa perawatan tubuh yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil.

1.    Produk Perawatan Kuku

Ada beberapa bahan produk perawatan kuku yang harus dihindari ketika hamil, yaitu produk perawatan kuku yang mengandung zat Dibutyl Phthalate (DBP). Kandungan tersebut dapat menyebabkan terjadinya masalah produksi hormon pada janin, masalah pada saluran pernapasan hingga dapat menyebabkan kanker pada bayi.

2.    Variasi Vitamin A

Terdapat variasi dari vitamin A seperti retinol, accuatane, retinoid, isotretinoid dan lain sebagainya merupakan zat yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Namun, bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan fetal retinoid syndrome sehingga dapat menyebabkan bayi lahir cacat seperti kelainan pada mata, telinga, bibir sumbing dan gangguan lainnya.

3.    Produk untuk Melangsingkan

Beberapa ibu hamil yang sangat memperhatikan penampilan merasa khawatir dengan berat badannya yang semakin bertambah. Untuk mengatasinya biasanya mereka memilih untuk mengkonsumsi produk pelangsing namun ada beberapa produk pelangsing  mengandung kafein  yang berfungsi untuk melarutkan lemak. kandungan kafein yang terlalu tinggi dapat membahayakan kesehatan janin karena belum diketahui efek sampingnya secara pasti.

Meskipun tetap ingin cantik ketika hamil, sebaiknya cermatlah memilih produk dan perawatan yang aman untuk ibu hamil dan janin. (Baca juga: Cara Mengatasi Penyakit Anemia pada Ibu Hamil)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D