Tips Melakukan Olahraga Saat Sedang Terkena Flu

Agar mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, fit dan prima maka perlu dilakukan olahraga secara teratur. Namun, ketika musim hujan biasanya seseorang akan lebih rentan untuk terkena flu karena perkembangan bakteri menjadi semakin cepat, sedangkan sistem kekebalan tubuh menurun akibat malas berolahraga pada cuaca yang dingin. Oleh karena itu, timbullah sebuah pertanyaan, Apakah seseorang yang terkena flu bisa melakukan olahraga?
 
Pertanyaan ini sudah dijawab oleh Ellen Brending yang merupakan pakar psikologi olahraga dari AYS Fitness, Kansas, Amerika Serikat. Brending mengatakan bahwa seseorang bisa saja melakukan olahraga ketika mereka sedang terserang flu, namun dia harus tetap sadar tentang keadaan tubuhnya agar tidak memaksakan kehendak untuk melakukannya.

Melakukan olahraga saat flu

Brending juga mengungkapkan bahwa olahraga yang tepat untuk penderita flu, yaitu dengan memberikan perhatian pada pergerakan leher. Hal tersebut disebabkan karena ketika flu menyerang gejala yang dirasakan adalah sakit kepala, suhu tubuh yang terasa panas dan hidung tersumbat. Cobalah untuk melakukan olahraga terlebih dahulu selama 10 menit untuk mengetahui apakah kondisi tubuh mampu melakukannya.

Jika dalam waktu sepuluh menit, kondisi tubuh tetap baik-baik saja sebaiknya tetap lanjutkan namun olahraga yang harus dilakukan harus dengan intensitas yang lebih rendah untuk melancarkan aliran darah tetapi tidak membebani kekuatan tubuh.

Dengan memilih melakukan jenis olahraga yang tepat dapat mengatasi penyakit flu. Namun, jika merasakan gejala flu yang menyerang bagian leher atau mengalami batuk sebaiknya tunda kegiatan berolahraga untuk beristirahat secara teratur. (Baca juga: Tips Memilih Suplemen untuk Latihan Beban)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D