Khasiat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Tubuh

Mugwort merupakan tanaman yang digolongkan dalam kelompok semak, yang mempunyai nama latin Artemisia Vulgaris. Tanaman ini dapat tumbuh subur pada tanah yang mempunyai kandungan nitrogen tinggi seperti pinggir jalan atau daerah tempat pembuangan sampah. Tanaman ini memiliki batang berwarna merah atau coklat dengan aroma yang khas, mempunyai daun berwarna hijau dan bunga yang berwarna merah, cokelat dan kuning.

Khasiat tanaman mugwort
Sejak jaman dahulu, tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan tradisional terutama di negara Jepang, Cina dan Korea. Di negara tersebut, tanaman ini digunakan sebagai obat herbal untuk memberikan makanan. Hal itu disebabkan karena di dalamnya terdapat kandungan betakaroten, flavonoid, inulin, antibiotik polaceylenes, minyak atsiri, silika, tannin, vitamin C, serat dan zinc.

Adapun manfaatnya adalah dapat mengatasi berbagai masalah sistem pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan wasir. Selain itu, tanaman ini juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan, menyehatkan organ-organ pencernaan, meningkatkan nafsu makan, membantu mempercepat penyerapan gizi makanan, melancarkan siklus menstruasi dan dapat membunuh cacing yang masuk di dalam tubuh. Karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tanaman ini banyak digunakan sebagai obat tradisional.

Walaupun tanaman ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan untuk pengobatan tradisional, namun untuk mengenalinya tidaklah mudah. Agar tidak terjadi masalah yang serius sebaiknya jangan asal mengambil atau memetik tanaman ini jika belum mempunyai pengetahuan tentang tanaman obat. (Baca juga: Kandungan dan Manfaat Tumbuhan Jelatang untuk Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D