-->

Kebiasaan Menyikat Gigi yang Sebaiknya Dihilangkan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan menggosok gigi atau menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan gigi dengan pasta gigi yang akan menghilangkan kotoran dan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Meskipun demikian, ada sebagian besar orang yang mempunyai kebiasaan menyikat gigi yang salah sehingga harus dihilangkan agar tidak menimbulkan penyakit dan kerusakan. Adapun kebiasaan menyikat gigi yang sebaiknya harus dihilangkan adalah sebagai berikut :

1.    Kesalahan dalam Memilih Jenis Sikat Gigi

Kebiasaan Sikat Gigi yang Sebaiknya Dihilangkan
Image Source: pixabay.com
Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah kesalahan dalam memilih jenis sikat gigi. Pada umumnya, sikat gigi mempunyai 3 jenis tingkat kelembutan yaitu extra soft, soft dan medium soft. Namun, ada banyak orang yang tidak memperhatikan hal itu. Padahal para ahli menganjurkan agar memilih sikat gigi yang memiliki tingkat kelembutan extra soft atau soft.

2.    Kesalahan Ketika Menggunakan Pasta Gigi

Ketika menggunakan pasta gigi, kebanyakan orang pasti menggunakan pasti gigi di sepanjang sikat giginya. Sebenarnya, jumlah ideal untuk menggunakan pasta gigi hanya sebesar biji kacang atau hanya di sekitar ujung sikat. Kesalahan ini biasanya banyak dipengaruhi oleh iklan pasta gigi yang mengatakan bahwa produk pasta gigi dapat membuat gigi menjadi lebih gigi meski hasil yang didapat tidak akan maksimal seperti yang ada dalam iklan.

3.    Kesalahan Ketika Menyikat Gigi

Kebiasaan lain yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah menyikat giginya ke arah samping padahal kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi.

4.    Tidak Membersihkan Lidah

Sebenarnya bakteri penyebab bau mulut tidak hanya bersarang pada gigi, tetapi juga ada pada lidah. Tetapi banyak orang yang sering lupa membersihkan lidahnya. Sebaiknya bersihkan lidah dengan menggunakan pembersih lidah secara lembut dengan arah berlawanan setelah menyikat gigi.

5.    Pengunaan Sikat Gigi yang Terlalu Lama

Menggunakan sikat gigi sebaiknya digunakan paling lama dalam waktu tiga bulan sejak pertama digunakan. Apabila lewat dari 3 bulan, sebaiknya gantilah sikat gigi dengan yang baru jangan menunggu hingga tidak dapat terpakai lagi.

Menghilangkan kebiasaan ketika menyikat gigi tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, mengatasi bau mulut, mencegah pengeroposan gigi, mencegah bau mulut serta dapat mencegah masalah lainnya. (Baca juga: Cara Unik untuk Memutihkan Gigi Wanita)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel