Gejala Penyakit Hipertiroid dan Cara Mengatasinya

Hipertiroid merupakan penyakit yang terjadi akibat kelebihan produksi kelenjar tiroid, penderitanya akan mengalami pembesaran kelenjar tiroid sekitar dua hingga tiga kali dari ukuran normalnya. Pada umumnya, penderita penyakit ini akan mengalami gejala seperti susah tidur (insomnia), jantung berdebar lebih cepat dari biasanya, sering merasa gugup, cepat lelah, rambut rontok, sering mengeluarkan keringat, berat badan menurun, diare, bola mata menonjol, jika penderitanya adalah wanita maka haid menjadi tidak teratur.
 
Gejala penyakit Hipertiroid dan cara mengatasinya
Image Source: pixabay.com
Jika mengalami gejala-gejala tersebut segera hubungi dokter untuk diberikan penanganan yang  sesuai dengan kondisi pasien. Biasanya dokter akan melakukan beberapa penanganan sesuai dengan kondisi pasien seperti yodium radioaktif, obat anti-tiroid atau melakukan pembedahan. Yodium radioaktif dan obat anti-tiroid merupakan penanganan yang sering untuk digunakan karena ada beberapa pasien yang membutuhkan lebih dari satu jenins perawatan. Apabila tidak dilakukan pengobatan sejak dini, maka hipertiroid dapat menyebabkan masalah yang cukup serius seperti masalah pada kesehatan jantung, masalah pada kesehatan tulang dan thyroid strom.
Meskipun sudah tidak mengalami gejala penyakit ini, namun penderitanya harus tetap melakukan perawatan hingga dinyatakan benar-benar sembuh. Adapun cara pencegahannya dapat dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, membatasi konsumsi MSG (penyedap rasa), mencukupi asupan yodium, beristirahat dengan cukup dan berolahraga secara teratur.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu sayangilah kesehatan tubuh karena kesehatan merupakan hal yang tak ternilai harganya. (Baca juga: Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Kanker Prostat)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D