Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Kanker Prostat

Prostat merupakan kelenjar yang berbentuk seperti buah kenari yang berfungsi untuk memproduksi air mani yang menghantarkan dan memeliharanya. Sementara kanker prostat adalah tumor ganas yang tubuh di dalam kelenjar prostat. Biasanya penyakit ini kebanyakan menyerang pria yang sudah berumur 70 tahun ke atas. Penyakit ini mempunyai gejala seperti rasa tidak nyaman pada area pinggul, bengkak di bagian kaki, berkurangnya kualitas urine,  bermasalah ketika buang air kecil dan terdapat darah pada air mani. Adapun penyebabnya secara umum dapat terjadi karena faktor keturunan, obesitas dan usia yang sudah mencapai 70 tahun ke atas.
 
Gejala dan cara mencegah penyakit kanker prostat
Hampir setiap harinya, penyakit ini dapat membunuh banyak penderitanya karena digolongkan sebagai penyakit yang berbahaya. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker prostat.

1.    Mengkonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker prostat yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Hal ini juga berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam ancaman penyakit seperti kanker prostat. Dianjurkan untuk memilih jenis makanan yang rendah kalori, makanan yang tidak mengandung pengawet dan sebaiknya kurangilah mengkonsumsi suplemen.

2.    Meningkatkan Asupan Zinc

Seng atau zinc mempunyai fungsi untuk mengubah metabolisme steroid di dalam tubuh sehingga dapat mengurangi pembesaran prostat. Sebaiknya mulailah untuk meningkatkan asupan zinc dengan mengkonsumsi biji labu atau minyak gandum.

3.    Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan agar tetap seimbang juga bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Untuk mewujudkannya sebaiknya hindari makanan yang kaya akan kandungan lemak seperti daging merah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang rendah kalori seperti sereal dan lain sebagainya.

4.    Olahraga Teratur

Hasil penelitian membuktikan bahwa seorang pria yang melakukan olahraga yang melakukan olahraga setiap hari dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat. Sebaiknya, mulai sekarang lakukan olahraga secara teratur seperti bersepeda, jogging, berenang dan olahraga jenis lainnya.

5.    Berkonsultasi dengan Dokter

Jika terdapat salah satu anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit ini, sebaiknya mulailah berkonsultasi dengan dokter agar dapat terhindar dari kanker prostat sedini mungkin.

Mencegah merupakan hal yang lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu sayangilah kesehatan karena kesehatan merupakan hal yang tak ternilai harganya. (Baca juga: Makanan Sehat untuk Stamina Pria Dewasa)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D