Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh


Antioksidan merupakan zat yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh terhadap efek radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang diproduksi ketika tubuh mendapatkan asupan makanan yang rusak atau ketika tubuh terkena paparan lingkungan yang tidak sehat seperti sinar radiasi dan asap tembakau. Efek radikal bebas dapat merusak sel yang dapat memicu adanya penyakit kanker, jantung, alzheimer dan penyakit berbahaya lainnya.

Beberapa penelitian yang dilakukan telah menunjukkan bahwa, zat antioksidan berperan secara efektif untuk mencegah sejumlah penyakit yang berkaitan dengan usia dan efek radikal bebas.

manfaat antioksidan
1.    Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, zat antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat membuat terjadinya kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh sehingga menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

2.    Mencegah Berbagai Penyakit

Meskipun belum terbukti berguna untuk mengobati penyakit apapun, namun penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan juga merupakan salah satu zat yang terlibat dalam pencegahan berbagai penyakit seperti katarak, gangguan kognitif, alzheimer, kanker, penyakit kardiovaskular dan lain sebagainya.

3.    Mencegah Penuaan Dini

Zat antioksidan mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini dengan meminimalkan adanya keriput, menjaga tekstur kulit hingga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4.    Mencegah Kerusakan Sel

Zat ini juga mempunyai peranan penting dalam menjaga agar sel di dalam tubuh tetap tumbuh sehat karena kerusakan yang terjadi pada sel akan memicu adanya penyakit serius.

5.    Menjaga Kesehatan Kulit

Zat antioksidan memiliki kemampuan membantu kulit untuk membuang radikal bebas dan bakteri yang disebabkan oleh polusi dan paparan sinar matahari.

Sumber zat antioksidan banyak ditemukan di dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang mempunyai warna terang seperti tomat, wortel, jagung dan lain sebagainya. (Baca Juga: Manfaat Senyawa Flavonoid untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D