Manfaat Senyawa Flavonoid untuk Kesehatan Tubuh


Flavonoid merupakan jenis senyawa yang termasuk dalam golongan senyawa Phtochemical yang mempunyai kedudukan penting bagi tumbuhan yang tumbuh di lingkungan sekitar. Flavonoid memegang peranan penting untuk pembentukan kelopak bunga yaitu dengan memikat serangga untuk membantu proses penyerbukan. Flavonoid mempunyai beberapa jenis yaitu, flavonol, flavon, isoflavon dan athocyanin. Selain itu, senyawa ini juga menjadi pewarna bagi para tumbuhan mulai dari bunga, buah hingga sayuran.

Sebelumnya, senyawa flavonoid dan semua jenisnya diketahui hanya berguna untuk memerangi efek radikal bebas di dalam tubuh. Namun, setelah diteliti dan dipelajari lebih jauh ternyata senyawa ini mempunyai manfaat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh.
 
manfaat senyawa flavonoid

1.    Terhindar dari Penyakit Serius

Senyawa ini berguna untuk membantu tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung, dan stroke. Hal tersebut disebabkan karena di dalamnya terdapat sifat yang berguna untuk memerangi efek radikal bebas.

2.    Mencegah Penyakit Aterosklorosis

Penyakit ateroklorosis merupakan jenis penyakit yang menyerang dinding arteri dimana terdapat pertumbuhan lemak berlebih di bagian tersebut sehingga aliran darah menjadi terlambat dan tidak dapat mengalir sempurna ke jantung dan otak. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan yang mengandung flavonoid seperti sayur dan buah-buahan.

3.    Penolak Alergi

Senyawa ini dapat berperan sebagai penolak alergi karena mempunyai fungsi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Senyawa ini juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terbebas dari infeksi virus, kuman dan bakteri.

Sebenarnya senyawa flavonoid terdapat pada makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari seperti sayuran dan buah-buahan. Namun, untuk mendapatkan gizi yang seimbang cukupi juga asupan nutrisi yang lainnya seperti karbohidrat, mineral, protein dan lain sebagainya. (Baca Juga: Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh Manusia dan Program Diet)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D