Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh. Jantung merupakan organ yang sangat penting untuk mengatur kestabilan di dalam tubuh. Supaya tetap sehat, jantung memerlukan kebutuhan oksigen dan zat lainnya yang terdapat di dalam darah.
Jika terjadi masalah di dalam jantung akan mempengaruhi bagian keseluruhan di dalamnya. Permasalahan pada jantung disebut dengan penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor 1 di dunia, karena umumnya penyakit ini menyerang secara tiba-tiba.

gejala penyakit jantung dan pencegahannyaPenyakit jantung yang banyak dialami banyak orang adalah jantung koroner (serangan jantung). Jantung koroner terjadi akibat adanya penyempitan di dalam pembuluh darah koroner atau arteri koroner, penyempitan tersebut disebabkan karena terjadi tumpukan kolesterol.

Selain itu, ada pula penyakit jantung yang disebabkan karena kelainan sejak lahir, seperti kelainan katup jantung, melemahnya otot jantung dan jantung yang tidak sempurna. Penyakit jantung juga dapat disebabkan karena infeksi dan bakteri akibat melakukan kebiasaan yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai gejala penyakit jantung dan pencegahannya :

Gejala penyakit jantung  
1.   Nyeri
2.   Sesak napas
3.   Kelelahan atau kepenatan.
4.   Palpitasi (jantung berdebar-debar)
5.   Pusing & pingsan

Pencegahannya
1.   Mengkonsumsi makanan rendah kolesterol
2.   Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi
3.   Menghindari kebiasaan merokok
4.   Menghindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol
5.   Olahraga secara teratur
6.   Istirahat yang cukup
7.   Memperbanyak mengkonsumsi air putih

Penyakit jantung dapat memberikan resiko kematian terbesar, karena adanya serangan jantung yang terjadi secara tiba-tiba. Kematian biasanya terjadi dalam waktu satu jam setelah terjadinya serangan jantung. Penderita penyakit jantung perlu untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat karena semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, jantung akan kembali memompa. Apabila, terjadi penyumbatan tindakan medis yang dilakukan adalah memasang keteterisasi dan cincin supaya pembuluh darah atau arteri koroner tidak tersumbat.

Penyakit jantung merupakan masalah yang tidak bisa disepelehkan, karena kebanyakan penderita penyakit ini terlambat mengetahuinya sehingga, akan berpengaruh pada keterlambatan untuk mengatasinya. Jika mengalami gejala yang telah disebutkan di atas segeralah mengkonsultasikan dan memeriksakanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk terhindar dari penyakit serius seperti penyakit jantung sebaiknya, selalu terapkan pola hidup dan kebiasaan sehat karena mencegah lebih baik daripada mengobati. (Baca Juga: Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan Jantung dan Kecantikan Kulit )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D