Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung, Kulit & Tubuh

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan : Sebagai Anti Bakteri, Anti Jamur, Antivirus dan Antioksidan

Siapa yang tidak kenal dengan jenis bumbu dapur satu ini? ya, bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu yang wajib ada di dapur dari sekian banyaknya jenis bumbu – bumbu dapur lainnya. Bawang putih memiliki bentuk bulat berwarna putih, namun di dalamnya terdiri dari beberapa siung. Cara mengembang biakkan hampir sama dengan bawang merah dan cukup mudah untuk menanamnya. Bawang putih memiliki bau yang khas, bau ini disebabkan oleh kandungan sulfur di dalamnya yang  bermacam – macam. Bawang putih tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, namun juga bermanfaat bagi kesehatan pula.


Kandungan & Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Bawang putih ini memiliki kandungan allicin, nah kandungan inilah yang bermanfaat bagi tubuh sebagai anti bakteri, anti jamur, antivirus dan antioksidan yang berguna bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini dari bawang putih dengan cara diperas, dipotong secara benar dan ditumbuk, lalu diamkan beberapa saat. Untuk lebih jelas lagi mengenai manfaat bawang putih bagi kesehatan.


Khasiat Bawang Putih


  • Mencegah Keracunan
Kandungan antivirus dan bakteri pada bawang putih sudah banyak dikenal dapat mengontrol berbagai macam bakteri, virus, jamur dan infeksi cacing dalam tubuh. Sehingga bawang putih dapat mencegah keracunan akibat makanan dan membunuh bakteri penyebabnya.

  • Menyembuhkan Infeksi pada Kulit
Di dalam bawang putih ditemukan kandungan ajoene sejenis bahan kimia yang memiliki manfaat dalam menyembuhkan infeksi pada kulit akibat jamur.

  • Menurunkan Hipertensi
Kandungan alicin dalam bawang putih berfungsi mencegah aktivitas angiotensin II yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Sehingga dapat dikatakan bawang putih dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
Bawang putih memiliki aroma khas yang disebabkan kandungan sulfur di dalamnya. Nah, kandungan sulfur inilah yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah dan mencegah pengerasan pembuluh arteri. Selain itu, bawang putih juga memiliki manfaat untuk mengentalkan darah oleh kandungan ajoene di dalamnya. Sehingga membuat jantung lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung yang setiap saat dapat terjadi.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat dari bawang putih bagi kesehatan. Jadi, bawang putih tidak hanya sebagai bumbu masakan saja, namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya sebagai anti bakteri, anti jamur, antivirus dan antioksidan yang mampu membunuh kuman penyakit penyebab infeksi dan radikal bebas serta beberapa macam penyakit lainnya seperti jantung, hipertensi, dan keracunan. Thanks for reading! 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D