Efek Samping Akibat Suntik KB

efek samping suntik KB
Di jaman modern ini KB (Keluarga Berencana) merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk menekan kepadatan penduduk sehingga pemerintah menyarankan agar pasangan suami istri menerapkan program itu dengan melahirkan 2 anak saja. 

Kb dibedakan menjadi berbagai jenis seperti kb dalam bentuk pil, penanaman alat kontrasepsi dan kb suntik yang masing-masing berguna untuk menunda kehamilan, akan tetapi pada kesempatan kali ini hanya akan dijelaskan mengenai kb suntik.

Kb suntik merupakan kontrasepsi hormonal yang mempunyai efektifitas hingga 99% untuk wanita yang ingin menunda kehamilan, cara kerjanya cukup mudah yaitu dengan menggunakan hormon yang dimasukkan dengan cara menyuntikannya ke dalam tubuh sehingga dapat menghambat pembuahan, mengentalkan lendir rahim dan berguna untuk mencegah sel telur menempel di dinding rahim. Pada umumnya, kb suntik disesuaikan dengan kondisi kesehatan wanita, kb suntik yang berjangka waktu 3 bulan tidak diberikan pada wanita yang menderita darah tinggi, kanker payudara, kanker organ reproduksi, penyakit stroke dan bagi wanita yang mempunyai penyakit jantung.

Setiap alat kontrasepsi memang memberikan manfaat yang sama untuk mencegah kehamilan, tidak menganggu kesuburan dan pada umumnya cocok untuk ibu menyusui karena tidak akan berpengaruh pada produksi ASI. 

1. Meningkatkan Berat Badan

Penyuntikan hormon akan memicu adanya rasa lapar yang berlebihan sehingga akan meningkatkan kebiasaan makan sehingga berat badan menjadi bertambah.

2. Menganggu Siklus Menstruasi

Kb suntik juga akan menimbulkan gangguan haid sementara seperti amenore, namun hal ini tidak akan menganggu kesehatan dalam jangka waktu yang panjang.

3. Flek Hitam

Kb suntik juga dapat memicu adanya flek hitam di bagian wajah, hal ini memang sangat menganggu penampilan namun flek hitam dapat diatasi dengan melakukan perawatan yang tepat.

4. Kembalinya Kesuburan Menjadi Terlambat

Bagi wanita yang ingin merencanakan kehamilan sebaiknya berkonsultasi apabila sebelumnya telah menggunakan kb suntik, hal ini disebabkan karena kb jenis ini seringkali menjadikan kesuburan menjadi terhambat.

5. Pendarahan Yang Berkepanjangan

Penggunaan kb suntik sering kali menimbulkan pendarahan atau spotting yang merupakan flek yang berkepanjangan. Hal ini biasa terjadi bagi wanita yang baru sekali mendapatkan kb suntik akan tetapi efek tersebut akan berkurang dengan sendirinya setelah melakukan suntik berkali-kali.

Meskipun kb suntik mempunyai banyak efek samping akan tetapi hal ini bukanlah masalah yang besar. Apabila penggunaannya di rasa tidak nyaman bisa dikonsultasikan dengan dokter / bidan untuk memilih kontrasepsi lainnya. (Baca Juga: Cara Mencegah Menopause Dini secara Alami)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D