Cara Mencegah Menopause Dini secara Alami

Pada umumnya menopause dialami oleh wanita berusia 50 tahunan, masa menopause merupakan kondisi dimana seorang wanita berhenti mengalami siklus menstruasi yang disebabkan karena hormon estrogen tidak dapat diproduksi secara optimal sesuai dengan bertambahnya usia mereka.

Namun, pada saat ini banyak wanita yang telah mengalami masa menopause saat berusia sekitar 25 tahun, kondisi ini diawali dengan adanya siklus menstruasi yang tidak teratur, sering merasa cepat lelah, mengalami insomnia, sering merasa pusing dan jantung menjadi berdebar-debar tanpa sebab. 
Cara Mencegah Menopause Dini Secara Alami
Photo Source: pixabay.com
Bagi wanita yang mengalami gejala-gejala tersebut, dianjurkan untuk waspada karena gejala tersebut merupakan tanda terjadinya menopause dini atau menopause yang terjadi di usia muda. Normalnya wanita yang berusia 25 tahunan mempunyai nafsu tinggi untuk berhubungan pasutri tapi bagi wanita yang mengalami menopause dini akan kesulitan untuk melakukan hal tersebut karena akan lebih cepat lelah dan malas.

Semua wanita muda tentunya tidak ingin mengalami kondisi ini karena dapat merugikan diri sendiri, pasangan dan tentunya akan berpengaruh pada keharmonisan rumah tangga. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai cara untuk mencegah terjadinya menopause dini.

1. Mengutamakan Pola Hidup Sehat dan Seimbang

Kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya menopause dini karena semakin banyak asupan nutrisi yang dilengkapi maka semakin lama terjadinya masa menopause, oleh karena itu sangat disarankan untuk mengutamakan pola hidup yang sehat dan seimbang dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi serta meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi narkoba dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

2. Memperbanyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Fitoestrogen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya masa menopause berkaitan dengan produksi hormon estrogen yang berkurang, untuk mencegahnya bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen, kandungan tersebut ditemukan di dalam buah-buahan serta biji-bijian diantaranya adalah melon, pepaya, bengkoang, gandum, kuaci, kacang tunggak, dan wijen.

3. Menghindari Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji biasanya mempunyai kandungan gizi yang tidak seimbang, di sisi lain juga terdapat kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Adanya kandungan kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah akan mempengaruhi produksi hormon estrogen.

4. Berolahraga Secara Teratur

Membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya menopause dini, berolahraga tidak harus dengan olahraga berat seperti mengangkat beban berat dan lari puluhan kilometer. Berolahraga bisa dilakukan dengan senam, berjalan kaki dan berjogging.

5. Beristirahat Dengan Cukup

Cara pencegahan selanjutnya bisa dilakukan dengan cara beristirahat dengan cukup sekitar 8 jam setiap harinya, beristirahat dengan tidur yang cukup dapat meningkatkan produksi hormon estrogen di dalam tubuh wanita.

Untuk melakukan cara-cara tersebut juga harus tetap diimbangi dengan faktor psikis karena tingkat stres seorang wanita akan berpengaruh pada produksi hormon estrogennya. (Baca Juga: Fakta dan Mitos Seputar Menstruasi )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D