Cara Mengatasi Mimisan Terus Menerus secara Alami

Mimisan merupakan penyakit, dimana penderitanya akan mengalami pendarahan atau keluar darah dari hidung. Keluarnya darah tersebut dikarenakan oleh pembuluh darah yang pecah pada selaput lendir hidung. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kecelakaan, trauma, suhu rendah, terkena pukulan, dll.
Cara mengatasi mimisan terus menerus secara alami
Image Source: kesehatanpedia.com

Tips Mengobati Hidung Berdarah dengan Bahan Tradisional


Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mimisan. Salah satunya dengan cara menggunakan bahan alami dan mudah untuk didapatkan seperti berikut ini:

  •   Daun Sirih

Daun sirih selain digunakan untuk nginang atau menginang, mengatasi keputihan, dan mengatasi mata merah, ternyata sudah sejak dulu digunakan untuk mengatasi mimisan. Cara menggunakannya, pertama ambil selembar daun sirih muda, lalu cuci bersih. Kemudian haluskan dengan cara diremas – remas sampai keluar minyaknya, lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah. Atau bisa juga dengan cara menggulung daun sirih dan dimasukan ke dalam lubang hidung. 

  • Akar Teratai
Teratai merupakan bunga yang indah dengan sejuta manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat digunakan untuk mengatasi mimisan. Caranya, siapkan 200 gram akar teratai cuci hingga bersih. Kemudian tumbuk sampai halus dan teteskan air akar teratai dalam lubang hidung 2 – 3 tetes dan sisanya dapat diminum.

  • Akar Alang – Alang
Akar alang – alang dapat mudah kita jumpai di pinggir hutan atau di pinggir jalan raya pedesaan dan di toko obat herbal. Caranya, siapkan 60 gram akar alang – alang yang sudah dibersihkan. Kemudian rebus dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah mendidih, angkat dan saring untuk diambil airnya. Minum 2 kali dalam sehari selagi  hangat secara teratur.

  • Pegagang
Caranya, siapkan 60 gram pegagang segar, cuci sampai bersih. Kemudian rebus dengan menggunakan 400 cc air sampai mendidih dan tersisa 200 cc.  Saring dan minum air rebusan tadi 2 kali dalam sehari pagi sore dalam keadaan hangat.

  • Kangkung
Tidak hanya enak untuk ditumis, kangkung ternyata dapat dijadikan obat untuk mengatasi mimisan. Caranya, pertama siapkan 25 gram kangkung segar yang sudah dicuci hingga bersih. Selanjutnya kangkung dijadikan jus dengan cara di blender dan tambahkan gula secukupnya. Minum segelas jus kangkung 2 kali dalam sehari.

  • Rambut Jagung
Rambut jagung ternyata dapat digunakan untuk mengatasi hidung keluar darah. Caranya, siapkan 50 gram rambut jagung cuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan tadi pagi dan sore hari dalam keadaan hangat.

Jadi, itulah tadi tips mengatasi mimisan secara alami. Mimisan merupakan penyakit karena pembuluh darah pecah pada selaput lendir hidung. Sehingga menyebabkan hidung dapat mengeluarkan darah dibarengi dengan sakit kepala. Baca juga: Tips Mengobati Sulit Bernapas

Advertisement

Artikel Lainnya :-D