2 Cara Mengatasi Penyakit Asma secara Tradisional

Cara Mengobati Penyakit Asma dengan Bahan Alami

Sesak nafas atau asma adalah penyakit pada saluran pernafasan yang terjadi karena adanya peradangan kronis. Penyakit tersebut dapat terjadi akibat dari faktor lingkungan atau faktor keturunan (genetika). Para penderita sesak nafas atau asma akan sangat sensitif ketika mendapat gangguan atau berupa rangsangan pada saluran pernafasan yang dapat mengakibatkan penyempitan pada saluran pernafasan. Sehingga menyebabkan beberapa gejala seperti sesak, batu, mengi atau asma kucing, nafas pendek, tersengal – sengal dan bengek.

Akan terjadinya gejala asma yang beragam pada setiap penderita, seperti bersin terlebih dahulu, adanya perubahan bernafas, hidung mampet disertai pilek, suasana hati yang berubah, sering capek, mengalami insomnia, dan  malas untuk berolahraga. Sedangkan gejala terkena asma si penderita akan mengalami sesak nafas disertai mengi, nafas pendek, dan sering batuk. Semua gejala tersebut menandakan adanya gangguan pada saluran pernafasan. 

2 cara mengatasi penyakit asma secara tradisional
Image Source: en.wikipedia.org
Secara medis, penyakit  asma belum ditemukan obatnya dan bagaimana cara menyembuhkan sampai tuntas. Namun, untuk mencegah sesak nafas atau asma dapat dilakukan dengan beberapa seperti kenali pemicu asma, hindari minum obat batuk untuk asma, menjaga pola hidup sehat dengan sering berolahraga, hindari merokok dan asap rokok atau asap hasil pembakaran.


Tips Menyembuhkan Penyakit Asma / Sesak Nafas secara Alami


Untuk mengatasi dan mencegah penyakit sesak nafas atau asma dapat menggunakan bahan alami dan dengan cara tradisional. Seperti berikut ini :


  • Menggunakan Madu
Sesak nafas atau asma dapat disebabkan oleh lendir  yang terkumpul, sehingga mengganggu sistem pernafasan dan dapat memperparah penyakit sesak nafas atau asma yang diderita. Madu dapat mengecerkan lendir yang ada pada saluran pernafasan dan mengeluarkannya. Caranya, konsumsi madu setiap hari sebanyak 1 sdt hingga penyakit asma yang diderita membaik.


  • Menggunakan Jahe
Jahe selain dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin juga dapat mencegah terjadinya gangguan pernafasan penyebab asma. Jahe berguna untuk mencegah peradangan, salah satunya peradangan pada saluran pernafasan penyebab sesak nafas atau asma. Cara membuat ramuan bagi penderita sesak nafas atau asma dengan membuat wedang jahe non gula tapi bisa ditambahkan madu. Pertama -  tama siapkan jahe satu ruas saja, lalu cuci sampai bersih. Kemudian, memarkan jahe dengan cara digeprak dengan talenan atau pisau dapur. Seduh dengan air hangat dan bisa juga ditambahkan madu sebagai pemanis. Minum selagi hangat.

Nah, itulah tadi tips mengatasi sesak nafas atau asma menggunakan bahan alami dan cara tradisional. Jadi, penyakit sesak nafas atau asma dapat kita cegah dengan beberapa tips diatas. Dengan tidak malas berolahraga seperti olahraga pernafasan dan tenaga dalam, sudah ada yang terbukti mengatasi penyakit sesak nafas dan asma secara total dan tidak akan kambuh lagi. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D