Manfaat Biji Cempedak sebagai Tepung yang Sehat


Manfaat Biji Cempedak sebagai Tepung

Cempedak merupakan tanaman buah-buahan yang berasal  dari  Asia Tenggara dan menyebar luas mulai dari wilayah di Burma, semenanjung Malaya, Thailand, dan sebagian kepulauan Indonesia. Cempedak tergolong dalam family Moraceae, bentuk buah, keharuman dan rasa seperti nangka, kerap kali aroma dari buah ini menusuk kut seperti durian.

Buah cempedak mempunyai banyak fungsi dan manfaat, mulai dari kulit, daging buah sampai bijinya. Buah cempedak biasanya diolah sebagai sayuran atau digoreng untuk lauk dan cemilan yang lezat dan sehat bagi anak.

Biji cempedak adalah salah satu sumber karbohidrat yang 3 kali jauh lebih banyak dari biji gandum. Protein yang dikandung biji cempedak melebihi setengah dari kandungan protein pada biji gandum, memberikan energy yakni 165 kk/100 gram biji cempedak. Sehingga biji cempedak dapat dijadikan tepung yang dapat dijadikan sebagai bahan pangan yang dapat dijadikan sebagai pengganti tepung biasa.

Manfaat Biji Cempedak
Biji Cempedak

Cara Membuat Tepung Biji Cempedak


Lalu bagaimanakah cara membuat tepung yang sehat ini ? Ini dia tipsnya !
  • Pilih biji cempedak yang bagus dan segar dari buah cempedak yang sudah matang.
  • Kukus atau rebus biji cempedak yang telah dicuci bersih selama 60 menit, hal ini bertujuan agar kulit bijinya mudah terlepas. Untuk dapat menghilangkan bau khas dari biji cempedak bisa menggunakan arang batok kelapa. Pemberian arang patok kelapa bertujuan untuk menyerap bau dari biji cempedak.
  • Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  • Pisahkan biji cempedak dari kulitnya dengan bantuan pisau. Kumpulkan biji cempedak yang berwarna putih ke wadah yang berbeda.
  • Jemur biji cempedak yang sudah dikupas tadi dibawah terik matahari selama 4-5 hari. Agar proses pengeringan cepat dapat menggunakan oven.
  • Haluskan biji cempedak dengan cara di tumbuk atau di blender dampai halus seperti tepung. 
  • Ayaklah biji cempedak yang sudah dihaluskan untuk memisahkan tepung biji yang kasar dengan yang halus.
  • Blender kembali biji cempedak yang masih kasar sampai halus.
  • Bila tepung dirasa masih lembab bisa dijemur kembali.



Sekian pembahasan mengenai manfaat biji cempedak sebagai tepung yang sehat. Semoga bisa berguna !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D