Manfaat Biji Nangka Rebus untuk Kesehatan


Manfaat biji nangka rebus juga tak kalah dibanding dengan khasiat daging buahnya. Nangka merupakan tanaman yang termasuk ke dalam suku Moraceae. Nangka adalah nama sejenis pohon sekaligus buahnya.  Nama ilmiah nya Artocarpus heterophyllus dan diyakini berasal dari wilayah Ghats bagian barat, India. Di daerah tersebut masih ditemukan jenis liarnya yang tumbuh tersebar di hutan hujan sana. Kini tanaman nangka telah menyebarkan luas di berbagai kawasan Asia Tenggara.

Biji nangka memiliki kandungan serat, karbohidrat, protein, vitamin A,B, dan C, seng, fosfor, serta kalsium yang tinggi. Kebanyakan orang langsung membuang biji nangka sehabis menikmati buahnya. Padahal, biji nangka bisa dikonsumsi dengan merebusnya atau dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Biji nangka juga mengandung fitronutrien seperti isoflavon, saponin, dan lignin yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab kanker.


Manfaat Biji Nangka Rebus
Biji Nangka Rebus

Khasiat Biji Nangka Rebus

Inilah beberapa khasiat atau manfaat biji nangka bagi kesehatan tubuh serta mengobati beberapa jenis penyakit.

  • Mencegah Anemia

Biji nangka mengandung zat besi yang dapat memproduksi sel darah merah. Dengan kita mengkonsumsi biji nangka, Anda akan terhindar dari penyakit anemia dan meningkatkan kesehatan organ jantung, mencegah penyakit kulit, melancarkan aliran darah dan melancarkan pembuluh darah.

  • Kesehatan Rambut

kandungan vitamin A yang cukup banyak di dalam buji nangka dapat menyehatkan mata dan mencegah rambut rontok. Dan juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan pertumbuhan rambut.

  • Meningkatkan Gairah Seks

Biji nangka di dalamnya banyak mengandung nutrisi dan protein yang membantu tubuh agar tetap sehat, melembutkan kulit. Ketika Anda akan berhubungan intim akan terasa bergairah.

  • Mencegah konstipasi

Konstipasi adalah kondisi dimana kita sulit untuk buang air besar karena kurang serat pada makanan yang kita makan. Biji nangka memiliki banyak serat yang dapat mencegah konstipasi dan juga dapat mengeluarkan racun dari  dalam tubuh.

  • Mengatasi penyakit kulit dan stres

Kandungan protein dan mikronutrien dalam biji nangka dianggap baik untuk digunakan sebagai bahan terapi kulit dan bermanfaat menjaga kulit tetap lembab dan juga mampu mengatasi stress.

  • Melawan keriput

Dengan mengkonsumsi biji nangka dapat melawan penuaan wajah karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

  • Menghambat kanker

Biji nangka ternyata dapat menghambat penyakit kanker kolon sebagai prebiotik  karena biji nangka mengandung oligosakarida dan polisakarida yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. Biji nangka mampu menstimulir pertumbuhan bakteri Lactobacillus menurut hasil riset yang telah dilakukan Umi Kartika Safitri di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, pada Fakultas Teknologi Pertanian IPB.


Itulah beberapa informasi yang dapat kami rangkum mengenai manfaat biji nangka rebus, semoga menambah wawasan Anda. !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D