Manfaat Daun Alpukat untuk Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun alpukat untuk hipertensi ternyata banyak dipertanyakan oleh orang banyak. Hal itu karena di Indonesia sebanyak 30% penduduknya menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi bukan hanya diidap oleh kaum Adam saja, kenyataannya hipertensi pada saat ini justru banyak di derita oleh kaum Hawa juga. Mayoritas hipertensi menyebabkan gangguan pada mata, otak dan ginjal.

Salah satu pemicu hipertensi adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam sebanyak 5% per harinya (menurut pakar hipertensi Prof Dr dr Rully Roesli SpPD-KGH di Bandung, Jawa Barat­­). Pada dasarnya standar kita mengkonsumsi garam menurut badan Kesehatan Dunia ( WHO ) hanya sebesar 5 % saja perharinya. Selain itu, gaya hidup yang kurang sehat, jarang berolahraga, stress dan alcohol merupakan salah satu memicu hipertensi. 

Daun alpukat merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki sifat anti hipertensi. Menurut penelitian oleh Dra Azizahwati MS. Apt yang dilakukan di UI (Universitas Indonesia) pada 2010 tentang khasiat daun alpukat untuk hipertensi, membuktikan bahwa pada daun alpukat terdapat senyawa flavonoid yang berperan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Menurut Beliau sejauh ini dosis yang yang aman untuk dikonsumsi sebagai obat hipertensi dan kolesterol adalah 10 mg/kg berat badan dengan melarutkan ekstrak daun avokad menggunakan pelarut etanol 70%.

Manfaat Daun Alpukat untuk Hipertensi
Khasiat Daun Alpukat untuk Tekanan Darah Tinggi

Penelitian pun dilakukan kembali di Universitas Kristen Marantha oleh Runy Hermawan di Bandung, Jawa Barat mengungkapkan bahwa daun alpukat mampu menurunkan tekanan darah pada pria dengan cara yang signifikan. Penelitian yang sama juga dilakukan oleh Monica Ariesta dari Universitas yang sama pada tahun 2010 menujukan penurunan tekanan darah yang sama pada wanita.

Daun alpukat selain sebagai obat untuk mengatasi hipertensi, juga manjur sebagai obat antihiperlipidemia. Hiperlipidemia merupakan kondisi dimana pada jalur pembuluh darah terjadi penyumbatan. Hal ini terjadi karena hiperlpidemia merupakan salah satu pemicu serangan jantung yang terjadi diakibatkan kolesterol mengendap sebagai plak yang kemudian luruh sehingga terjadi penyumbatan. Hiperlipidemia dan hipertensi adalah penyakit yang mengakibatkan kematian paling tinggi untuk saat ini.

Cara menggunakan daun alpukat sebagai obat hipertensi :

  • Siapkanlah 4 atau 5 lembar daun alpukat. Kemudian silahkan dicuci sampai bersih
  • Siapkan juga segelas air putih
  • Siapkan pula gula batu secukupnya
  • Silahkan didihkan air. Lalu masukkan daun alpukat ke dalamnya
  • Masukkan gula batu akan tetapi jangan terlalu banyak. Hal ini bertujuan untuk membuat rasa pahitnya hilang
  • Selanjutnya didihkanlah selama kurang lebih 3 menit. Kemudian silahkan angkat dan dinginkan
  • Saring rebusan tadi ke dalam gelas
  • Minumlah secara rutin sekali dalam sehari


Itulah beberapa pembahasan mengenai manfaat daun alpukat untuk hipertensi alias tekanan darah tinggi. Semoga membantu !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D