Manfaat Daun Kedondong untuk Kesehatan

Manfaat daun kedondong dipercaya mampu mengatasi beberapa jenis penyakit. Kedondong merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Tanaman ini berasal dari famili Anacardiaceae yang telah tersebar ke seluruh daerah tropic. Tanaman kedondong banyak ditanam di kawasan Asia Tenggara. Di negara Filipina merupakan salah satu wilayah yang menjadi sentra penanaman kedondong unggul yakni jenis Spondias purpurea L. Sedangkan di Indonesia, penghasil kedondong salah satu diantaranya berada di Karimunjawa-Jepara-Jawa Tengah.

Tanaman kedondong memiliki batang kayu (lignosus), berbentuk bulat, bentuk percabangan batang simpodial dan arah tumbuh tegak. Kedondong berakar tunggang dan berwarna coklat tua. Buah dari tanaman ini memiliki biji bulat dan berserat kasar, termasuk buah dengan jenis buni, warna saat muda hijau sedangkan saat sudah tua akan berubah menjadi kuning kehijauan.

Kedondong masuk kedalam kategori tanaman berdaun majemuk. Ciri lainnya memiliki pangkal daun yang runcing, warna daun hijau dengan panjang daunnya sekitar 5 sampai 8 cm dan lebar 3 sampai 6 cm. Bagian terlebar berada di tengah-tengah helaian daunya berbentuk jorong atau ovalis, tata letak daun tersebar, dilihat dari arah tulang – tulang cabang yang besar pada helaian daun kedondong ini termasuk daun yang bertulang menyirip dengan jumlah anak daun yang gasal dan anak daun yang berpasang-pasang, tepi daunnya rata, permukaan daun mengkilat dan licin. Daun mudanya bisa dijadikan bumbu penyedap pada masakan, bisa juga dikukus sebagai lalapan. Buahnya bisa dimakan, biasanya dijadikan sebagai campuran rujak ataupun manisan.


Manfaat Daun Kedondong
Khasiat Daun Kedondong

Apa Khasiat Daun Kedondong?

Daun kedondong dipercaya dapat mengatasi masalah kesehatan dan salah satunya yaitu diare. Caranya cukup dengan menggunakan sekitar 15 gram kulit batang kedondong segar yang terlebih dahulu sudah dicuci bersih. Kemudian potong kecil – kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit sampai mendidih. Bila sudah dingin lalu saring dan air hasil dari saringan tadi dapat diminum 2 kali sehari.

Secara pengobatan tradisional, daun kedondong juga bisa digunakan sebagai obat borok, luka terbakar dan luka perih karena memiliki sifat mendinginkan dan membunuh kuman.

Itulah informasi mengenai manfaat daun kedondong. Semoga berguna dan menambah wawasan Anda mengenai khasiat alami daun.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D