Khasiat Daun Mindi untuk Kesehatan dan Obat

Khasiat daun mindi tak banyak orang yang mengetahuinya, jangankan mengetahui manfaatnya, mindi saja belum banyak yang mengenalinya. Mindi yang memiliki nama latin Melia azedarach adalah salah satu dari tanaman herbal yang dapat hidup di berbagai dataran, baik dataran rendah maupun dataran tinggi sampai pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.  Pohon ini memiliki ciri antara lain memiliki cabang yang sangat banyak, berdaun majemuk dan bersirip ganda serta daunnya tumbuh secara berseling pada 20 hingga 80 cm. Kulit batangnya berwarna coklat tua, dan bisa tumbuh dengan ketinggian hingga 4 m.

Bentuk dari anak daunnya adalah lanset, pangkalnya tumpul, pada tepi daun bergerigi dan ujungnya runcing. Pada permukaan atas daun memiliki warna hijau tua, permukaan bawah daun berwarna hijau muda, dan memiliki panjang antara 3 – 7 cm serta lebar 1 – 3 cm. Mindi berbunga majemuk dengan panjang 10 hingga 20 cm dan tumbuh dari ketiak daun. Bunga mindi berbau harum dan berwarna ungu serta memiliki mahkota yang terdiri dari 5 kelopak dengan panjang kurang lebih 1 cm. Mindi juga memiliki buah yang berbentuk bulat dengan diameter 1,5 cm, berbiji satu dan jika sudah masak buah mindi berwarna coklat agak kekuningan.

Pohon mindi ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan, dan bagian yang berkhasiat bisa didapat dari daun, kulit akar dan kulit kayunya. Mindi mengandung senyawa kimia, diantaranya adalah minyak atsiri, alkaloid, dan triterpen.

Khasiat Daun Mindi
Manfaat Daun Mindi

Manfaat Daun Mindi

Mindi berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa diobati dengan memanfaatkan daun mindi.


1. Hypertensi / Tekanan darah tinggi

Penyakit ini bisa diobati dengan daun mindi yaitu dengan cara merebus 7 lembar daun mindi menggunakan tiga gelas air. Rebus hingga airnya tinggal satu gelas. Lalu saring dan biarkan dingin. Minum rebusan daun mindi ini dua kali sehari, masing-masing setengah gelas. Minum secara teratur, sampai tekanan darah Anda normal kembali.


2. Gatal gatal di seluruh tubuh

Jika Anda merasakan gatal-gatal pada seluruh tubuh dan berbagai cara telah dilakukan tetapi tak kunjung sembuh, Anda bisa mencoba cara ini, yaitu rebus daun mindi secukupnya, sampai air rebusan daun mindi berwarna kuning. Lalu tambahkan garam dapur kurang lebih 2 sendok makan, aduk-aduk hingga merata. Lalu tambahkan air dingin sampai airnya hangat-hangat kuku. Gunakan air mindi ini untuk merendam seluruh tubuh yang terkena gatal-gatal.  Lakukan cara ini secara teratur hingga tidak ada gatal-gatal lagi pada seluruh tubuh.    


3. Kudis

Daun mindi ternyata dapat digunakan untuk mengobati penyakit kudis, yaitu dengan cara mengambil segenggam daun mindi, cuci hingga bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu Anda bisa membubuhkan tumbukan daun mindi ini ke kulit yang terkena kudis lalu balut dengan kasa. Lakukan cara ini secara teratur dua atau tiga kali sehari agar kudisnya cepat hilang.

Itulah beberapa khasiat daun mindi untuk obat dan kesehatan. Semoga menambah wawasan Anda.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D