Manfaat Bunga Eforbia Milli bagi Kesehatan

Manfaat Bunga Eforbia

Eforbia merupakan tanaman berbunga terbesar dengan jumlah spesies sekitar 2.420 spesies. Mungkin mendengar nama bunga ini tidak asing lagi bagi kita. Eforbia di Indonesia dikenal dengan sebutan pakis giwang. Tanaman ini merupakan daftar yang wajib dimasukan bagi para pecinta tanaman, eforbia milli merupakan salah satu jenis yang telah banyak dibudidayakan. Selain fungsinya sebagai penghias, eforbia juga memiliki manfaat sebagai obat.

Eforbia atau Euphorbia memiliki batang berduri dapat tumbuh sampai satu meter, warna batang coklat. Bunga eforbia bertangkai majemuk adapula yang tunggal dengan warna yang bervariasi, ada yang merah, kuning, merah muda, orange, dan sebagainya. Berdaun tunggal dengan bentuk bulat telur atau oval, pada bagian ujungnya tidak lancip (tumpul) dari bagian pangkal dan berwarna hijau. Tanaman ini digolongkan ke dalam jrnis tanaman yang beracun karena adanya getah susu di batang, tangkai bunga, dan daun. Apabila getahnya bercampur dengan darah akan menyebabkan pertumbuhan yang tidak normal pada sel. Namun, jangan khawatir dengan getahnya, meskipun beracun tidak akan mengakibatkan kematian bila menyentuhnya.

Sudah banyak dilakukan penanaman bunga eforbia di negara-negara berkembang, seperti Malaysia, Thailand dan Indonesia. Eforbia memiliki fungsi yang sangat penting diantaranya sebagai tanaman hias, tanaman obat-obatan dan gulma. Di Afrika, bunga eforbia dimanfaatkan untuk kandang ternak, sedangkan di Meksiko dimanfaatkan untuk bahan pembuat pelumas, kertas dan lilin.

Kandungan kimia yang terdapat pada bunga eforbia antara lain karbohidrat, asam sitrat, asam amino, taraxerol, epifriedelanol, progesterone, asam malat, sterol, friedelan-3 betaol, friedelan-3 alfa-ol, dan taraxerone pada bagian batangnya. Sedangkan pada daun terdapat calcium oksalat, kanji peroxidase, peptic substance dan getahnya juga mengandung euphol, euphorbol, dan cyeloartenol.

Manfaat Bunga Eforbia
Bunga Euphorbia

Khasiat bunga Eforbia


Berikut ini adalah beberapa macam jenis penyakit yang dapat diobati menggunakan bunga euphorbia:

  • Hepatitis

Caranya, iris-iris tipis pucuk batang euphorbia segar sekitar 9-15 gram. Kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai didapat 1 gelas saja. Minum air rebusan tersebut, bisa juga ditambahkan madu.

  • Luka bakar

Caranya dengan merebus batang euphorbia dengan air hingga mendidih, tunggu sampai dingin. Setelah itu dapat dijadikan kompres luka bakar tersebut.

  • Bisul

Caranya mudah, cukup dengan menempelkan batang euphorbia yang sudah diiris tipis dan selanjutnya dibakar.

  • Pendarahan saat menstruasi yang fungsional

Caranya, ambil bunga euphorbia yang masih segar sebanyak 10-15 kuntum. Selanjutnya rebus bersama dengan daging sebagai sop. Setelah masak angkat dan bisa dinikmati selagi masih hangat.


Note:

Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi ramuan dari bunga euphorbia dan juga apabila terjadi diare atau mencret yang berlebihan, segera minum air rebusan kayu manis sebagai antidote.


Jangan lupa juga untuk membaca :

>>> Khasiat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan
>>> Manfaat Bunga Bugenvil

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat bunga eforbia atau euphoribia bagi kesehatan. Semoga berguna dan menambah pengetahuan Anda !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D