Manfaat Bunga Bugenvil untuk Kesehatan

Manfaat bunga bugenvil ternyata menyimpan berbagai khasiat lho bagi kesehatan. Bugenvil atau nama ilmiahnya Bougainvillea adalah tanaman yang popular sebagai tanaman hias, karena kecantikan warna bunganya yang mencolok dan bervariasi.

Tanaman ini asalnya dari Amerika bagian selatan dan sekarang sudah banyak kita temukan di pekarangan rumah. Bentuknya yang sulit tumbuh tegak dan memiliki kebiasaan menggugurkan beberapa bunganya saat akan berbunga. Kenyataannya bunga bugenvil itu sendiri berukuran kecil dan berada di tengah, karena adanya seludang atau daun yang tipis mirip dengan kertas warna warni saat kita memegangnya yang menyelubunginya, sehingga tanaman ini tampak besar. Maka dari itu bunga bugenvil disebut juga dengan bunga kertas.

Nama bugenvil sendiri diambil dari seorang prajurit AL negara prancis yang bernama Sir Louis Antoine Bougainville. Bunga kertas ini selain sebagai tanaman hias, ternyata memiliki kandungan polifenol dan saponin yang terdapat pada batang, daun dan bunganya berguna sebagai obat.

Manfaat Bunga Bugenvil
Bunga Bugenvil

Khasiat Bunga Bugenvil

Tahukah Anda apa saja khasiatnya terutama untuk pengobatan herbal alami ? Berikut ini penyakit yang dapat diobati dengan memanfaatkan bunga bugenvil.

  • Haid yang tak teratur

Ambillah 9-15 gram bunga bugenvil dan rumput teki yang diambil umbinya sebanyak 15 gram, kemudian cuci sampai bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air dan didapatkan 1 gelas air rebusan tadi. Saring dan minum setiap hari secara rutin.

  • Biang keringat dan gatal-gatal

Caranya, siapkan bunga bugenvil secukupnya, dan lidah buaya yang sebelumnya sudah dikupas serta daun sirih secukupnya. Kemudian cuci bersih semua bahan tersebut dan rebus dengan sedikit air sampai kental. Angkat dan dinginkan, lalu oleskan cairan tadi pada bagian yang gatal dan bagian penyebab biang keringat. Lakukan cara tersebut sampai gatal dan biang keringat hilang.

  • Terlambat haid

Caranya, ambil dan cuci bersih 15 gram bunga bugenvil, 90 gram lidah buaya yang sudah dikupas dan 15 gram temu hitam. Selanjutnya rebus semua bahan tersebut dengan menambahkan 2 gelas air hinga tersisa 1 gelas air rebusan. Saring dan minum ½ gelas saat pagi dan sore atau 2 kali sehari.

  • Sakit dan menggumpalnya darah saat masa datang bulan

Ambil bunga bugenvil dan bunga mawar sebanyak 15 gram serta lidah buaya yang sudah dikupas. Rebus semua bahan tersebut dengan menambahkan 2 gelas air sampai didapat 1 gelas air rebusan. Minum air rebusan tersebut ½ gelas untuk 2 kali dalam sehari.

  • Penyegar badan

Caranya, dengan merebus bunga bugenvil jenis glabra sebanyak kurang lebih 10 gram selama 15 menit dengan ditambahkan air  3 gelas . Lalu saring air rebusan tersebut dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

  • Keputihan

Caranya dengan merebus 15 gram bunga bugenvil, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.



Demikianlah beberapa manfaat bunga bugenvil. Ternyata selain indah, bunga ini bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D