-->

Manfaat Akar Pinang untuk Kesehatan Pria & Wanita


Manfaat akar pinang untuk kesehatan dan obat penyakit apa saja ya ? Mari kita bahas bersama. Jika mengulas tentang pinang, Pinang merupakan jenis tumbuhan palma yang hidup di daerah Asia, Pasifik dan Afrika bagian timur. Pinang ialah nama tumbuhan yang mungkin tidak asing lagi bagi kita, biasanya buahnya diperdagangkan orang. Diberbagai daerah di Indonesia, pinang memiliki nama daerahnya masing-masing seperti jambe (Jawa), Pineung (Aceh), Pining (Batak Toba).

Pinang dalam kajian ilmiah dikenal dengan nama Areca catechu. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang hampir  sama dengan kelapa dan palem, yakni memiliki buah dengan cangkang serabut, tinggi batangnya bisa mencapai 7-9 meter, batang yang tidak bercabang adalah ciri khas dari tumbuhan jenis palma.

 
Manfaat Akar Pinang
Akar Pinang


Khasiat Akar Pinang

Apa sajakah manfaat akar pinang ini ? Yuk mari kita ulas bersama !

  • Mengobati sakit pinggang
Pada umumya orang pedesaan menggunakan pinang sebagai obat sakit pinggang atau pegal-pegal dengan mengambil beberapa suing akar pohon pinang yang dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur dibawah terik matahari. Selanjutnya akar pinang tersebut direbus dengan tambahan buah pinang atau ramuan lainnya. Apabila sudah mendidih, angkat, lalu minum selagi hangat sebagai jamu.

  • Mengobati difteri
Akar pinang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah difteri. Difteri merupakan penyakit yang disebabkan karena terjangkit bakteri. Caranya, ambil akar pinang yang sebelumnya sudah dikeringkan. Kemudian rebus dengan 2 gelas air. Selanjutnya tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk sampai rata. Minum ramuan tersebut secara rutin untuk menyembuhkan difteri.


  • Menghilangkan kudis
Seperti yang kita ketahui bahwa sudah banyak obat kudis yang tersebar di pasaran yang berbahan dasar kimia. Tapi alangkah baiknya kita menggunakan obat yang menggunakan bahan-bahan alamiah seperti akar pinang. Sebagai obat kudis kita bisa menggunakan akar pinang, caranya haluskan akar pinang yang sudah dikeringkan. Campur dengan ¼ sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada bagian yang terdapat kudis.

  • Meningkatkan gairah
Akar pinang juga bermanfaat bagi pria untuk meningkatkan gairah, karena kandungan arkeolin yang ada pada akar pinang. Caranya dengan merebus akar pinang dengan dua gelas air putih sampai tersisa setengahnya. Selanjutnya saring dan minum air tersebut. Anda akan mendapatkan reaksinya setelah 2 jam mengkonsumsi ramuan akar pinang.

  • Mengecilkan rahim
Ternyata tidak hanya biji dari buah pinang saja yang dapat digunakan kaum wanita sebagai ramuan untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan, akar pinang pun juga dapat dijadikan ramuan tersebut. Caranya, siapkan akar pinang yang sudah dikeringkan, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu saring dan minum air tadi sampai rahim Anda normal.


Demikianlah pembahasan mengenai manfaat akar pinang bagi kesehatan dan mengobati penyakit. Semoga berguna !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel