Manfaat Bunga Kecombrang bagi Kesehatan

Manfaat bunga kecombrang

Siapa yang tidak tahu kecombrang ? Tanaman ini merupakan jenis tanaman rempah-rempahan yang memiliki nama latin Etligera elatior.  Kecombrang mempunyai warna merah yang cerah dengan tinggi pohon mencapai 5 meter. Tanaman ini memiliki kemiripan dengan tanaman jahe atau lengkuas saat sudah tua. Daunnya tersusun berselang-seling dalam satu batang. Bunga kecombrang berbentuk seperti gasing dan bertangkai, dilengkapi pula dengan daun yang melindunginya berwarna sama. Kecombrang juga memiliki buah yang berbongkol mirip buah kelapa sawit, berbentuk bulat dengan rambut halus di bagian luarnya dan berwarna ketika sudah masak.

Kecombrang merupakan tanaman asli Indonesia yang sudah sejak dulu dijadikan sebagai rempah-rempah bumbu masakan khas nusantara. Di daerah Jawa barat, kuntum kecombrang dimasak dan dijadikan lalapan dengan ditemani sambal dan sepiring nasi putih. Sedangkan di Banyumas, Jawa Tengah kecombrang dijadikan pecel dengan cara dikukus dan masih banyak lagi masakan khas nusantara yang berbahan dasar kecombrang. Selain sebagai bumbu masakan, kecombrang juga dapat dijadikan sebagai sabun dengan cara di memarkan dahulu batang kecombrang sehingga keluar busa, busa tersebut berbau harum dan bisa langsung kita gunakan sebagai sabun. Selain itu, kecombrang juga dapat dijadikan sebagai obat.


Manfaat Bunga Kecombrang
Bunga Kecombrang

Khasiat Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang memiliki kandungan zat aktif flavonida, saponin, fenolik, alkaloid, tannin, triterpenoid, glikosa, steroid dan polifenol yang baik untuk menghilangkan bau tak sedap pada badan, membersihkan darah, dan memperbanyak ASI saat masa menyusui. Selain itu, bunga kecombrang juga mengandung antioksidan yang tinggi, antimikroba , vitamin dan juga mineral yang  sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Menurut penelitian di ITB, minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji kecombrang memiliki karakter mirip dengan minyak tanah, dan telah diuji dengan menggunakan lampu templek dengan isi minyak kecombrang di hasilkan nyala api yang bagus dari minyak tanah. Jadi minyak dari biji kecombrang dapat dijadikan sumber energy alternative pengganti minyak tanah.


Cara membuat sambal kecombrang

Nah, bagi Anda yang pecinta kuliner sambal. Berikut ini ada resep membuat sambal dari kecombrang.

Bahan:
  • 3 buah cabai rawit hijau
  • 1 sdt terasi matang
  • 5 buah cabai merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula merah yang disisir
  • 1 batang kecombrang yang diiris halus kemudian disisihkan

Cara membuat:
  • Masukan semua bahan kecuali kecombrang ke dalam cobek, lalu gerus atau huleg sampai halus.
  • Setelah itu masukan kecombrang yang sudah diiris halus tadi, huleg kasar jangan halus-halus.
  • Sajikan dalam wadah yang sebelumnya sudah disiapkan.
  • Siap untuk disantap.

Itu tadi beberapa pembahasan mengenai Manfaat bunga kecombrang. Semoga membantu ya !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D