Manfaat Buah Kiwi untuk Kesuburan Wanita dan Ibu Hamil

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesuburan dan Ibu Hamil

Buah kiwi adalah salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat sehatnya adalah untuk kesuburan wanita dan untuk kehamilan si calon ibu atau ibu hamil. Meningkatkan kesuburan adalah hal yang perlu dilakukan oleh seorang wanita dan pria. Baik sel ovum atau telur yang dimiliki oleh wanita dan sperma yang dimiliki oleh pria sebaiknya harus berkualitas agar bisa menghasilkan proses pembuahan yang baik.

Manfaat buah kiwi untuk kesuburan wanita dan ibu hamil
Image Source: pixabay.com
Akan tetapi wanita adalah salah satu pihak yang kerap mengalami masalah dengan kesuburannya. Maka dari itu sebagai wanita perlu melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kesuburannya, seperti dengan cara mengonsumsi buah-buahan sehat seperti buah kiwi ini.

Kandungan dan Manfaat Buah Kiwi untuk Kesuburan Wanita

Apa saja sih kandungan gizi dan khasiat buah kiwi bagi kesuburan seorang wanita ? Mari kita bahas bersama :

  • Vitamin C
Penelitian tentang kesehatan dan kesuburan menyimpulkan bahwa kesuburan dan kehamilan seseorang wanita bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan atau buah yang dibutuhkan adalah buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C. Buah yang mengandung vitamin C salah satunya adalah buah kiwi.

Dokter spesialis dari Fakultas Kedokteran UI (Universitas Indonesia) bernama dr Fiastuti Witjaksono MS, Sp. GK mengungkapkan bahwa buah kiwi memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Buah ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan.

  • Antioksidan & Folat
Buah yang memiliki kandungan Vitamin C tentunya akan kaya dengan kandungan asam folat yang bermanfaat bagi kesuburan wanita. Asam folat mempunyai indeks glikemik yang rendah dan aman untuk penderita diabetes.  Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai kofaktor dan antioksidan dalam pembentukan hormon dan kolagen. Hal ini akan mencegah tubuh terkena berbagai macam penyakit.

Khasiat Buah Kiwi bagi Kesehatan Ibu Hamil

Sedangkan untuk wanita hamil buah kiwi juga memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan baik ibu dan calon bayi.  Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

  • Menjaga Kesehatan Saraf Janin

Salah satu kandungan yang terdapat dalam buah kiwi adalah asid folik. Asid folid merupakan zat yang mampu menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Fungsinya adalah untuk mencegah bayi dari resiko mengalami cacat ketika sudah lahir.

  • Mencegah Obesitas

Buah kiwi mengandung serat alami yang baik bagi kesehatan. Serat akan membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga akan mengurangi resiko kegemukan atau obesitas.

  • Mencegah Katarak

Ibu hamil akan cenderung lebih mudah mengalami masalah pada mata, yaitu katarak. Senyawa lutein yang terkandung dalam buah kiwi akan membantu mencegah katarak bagi calon ibu.

  • Mencegah Resiko Stroke

Perempuan hamil ternyata rentan mengalami stroke, hal ini berdasarkan penelitian oleh ahli pada Centers For Disease Control and prevention (CDC). Khususnya terjadi bagi ibu hamil yang mengalami masalah kelebihan berat badan. Tak hanya stroke, ibu hamil yang mengalami obesitas juga beresiko mengalami penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah kiwi adalah salah satu buah yang mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kandungannya berupa polifenol dan antioksidan. Maka buah kiwi adalah buah yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang menjadi antioksidan bagi tubuh akan berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini sangat penting mengingat daya tahan tubuh ibu hamil akan cenderung lebih mudah menurun.

  • Mencegah Jerawat

Wanita hamil tentunya akan sering mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon itulah yang menjadi salah satu pemicu tumbuhnya jerawat saat masa kehamilan. Buah kiwi dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah jerawat.

Ternyata buah yang satu ini begitu bermanfaat untuk kesuburan dan wanita hamil. Jangan lupa di share ke sosial media Anda jika bermanfaat. Sebagai penulis, kami mohon maaf apabila ada kesalahan dan terimakasih karena sudah membaca artikel mengenai manfaat buah kiwi untuk kesuburan dan ibu hamil.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D