Khasiat Daun Gingseng Jawa untuk Kesehatan

Khasiat daun gingseng jawa selain digunakan sebagai pakan untuk kenari atau tumis ternyata sudah dipercaya mampu mengatasi beberapa jenis penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan. Ginseng Jawa memiliki nama latin Talinum crassifolium dan biasa juga disebut sebagai kolesom Jawa. Tanaman herbal ini merupakan tanaman perdu yang tumbuh semi menjalar dan mencapai ketinggian hingga 60 cm. Daunnya yang berwarna hijau mengkilat berbentuk oval.  Ginseng Jawa berbunga majemuk, dan berwarna merah muda.

Tanaman perdu ini sangat mudah dikembangkan, bisa ditanam dengan stek batang maupun bijinya. Tanaman ini juga sangat bagus jika digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki daun dan warna bunga yang menarik. Dan yang lebih menarik lagi, seluruh bagian dari tanaman bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan mulai dari akar, batang hingga daunnya.  Umbi ginseng jawa dapat digunakan sebagai ramuan obat dengan cara mengeringkannya dan daunnya dapat dijadikan sayuran. Masyarakat banyak yang mengkonsumsinya karena dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh, sehingga tubuh akan terasa lebih segar. Dan yang perlu diperhatikan dalam proses masak sayuran daun ginseng ini haruslah memakai api yang besar dan cepat karena bila terlalu lama memasaknya, maka warnanya akan berubah menjadi hitam.

Dalam daun ginseng jawa terkandung vitamin A, banyak mineral penting, dan kaya serat. Akar ginseng jawa sudah diketahui mengandung zat aktif, diantaranya adalah saponin, tannin dan flavonoid.

Khasiat Daun Gingseng Jawa
Manfaat Daun Gingseng Jawa

Manfaat Daun Gingseng Jawa

Daun ginseng berkhasiat untuk menguatkan paru-paru, dan zat afrodisiak yang terkandung dalam daun ginseng merupakan zat kimia yang berfungsi untuk merangsang daya seksual. Selain itu daun ginseng juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengobati sakit maag, menyegarkan kembali wajah yang terlihat letih, dapat meningkatkan produksi ASI, menyehatkan paru-paru dan dapat pula dijadikan sebagai obat bisul.
Walau begitu, masih banyak yang tidak mengetahui manfaatnya ini. Akan tetapi daun ini tetap sering dijadikan sebagai bahan tumis dan pakan kenari. Maka tak heran ada banyak orang yang mencari tahu tentang khasiat daun gingseng jawa untuk kenari.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D