Khasiat Daun Suji bagi Kesehatan dan Obat

Khasiat Daun Suji

Manfaat & Khasiat Daun Suji
Gambar : Daun Suji
Suji adalah sejenis tumbuhan perdu tahunan. Daunnya dikenal dengan nama daun suji, sering digunakan sebagai pewarna hijau bagi makanan. Daun suji memiliki warna hijau lebih pekat bila dibandingkan dengan daun pandan wangi. Akan tetapi, daun ini tidak punya aroma wangi. Tak hanya digunakan sebagai pewarna makanan alami, tumbuhan ini juga digunakan sebagai tanaman pekarangan karena memiliki bentuk indah dan bunganya yang wangi, terutama saat sore.  Selain itu, pengobatan tradisonal di Asia timur menggunakan rimpang dan akar suji digunakan untuk mengobati leukemia.

Masih banyak orang yang belum mengenai daun suji, ada juga yang sulit membedakan antara daun suji dan daun pandan. Nah, dalam artikel ini kita akan membahasnya lebih lanjut beserta khasiatnya bagi kesehatan. Sekaligus juga ada tips membuat ramuan dengan bahan dasar alami daun suji. Tentunya akan lebih menarik pastinya dan dapat Anda coba atau dijadikan sebagai tambahan wawasan mengenai manfaat-manfaat alami daun.

Perbedaan Daun Suji dan Daun Pandan Wangi

Sebelum membahas mengenai manfaatnya, mari kita bahas mengenai perbedaan antara daun suji dan daun pandan wangi. Kenapa ? Karena masih banyak orang yang susah membedakan keduanya.

Daun pandan dan daun suji memang sepintas terlihat mirip. Namun jika diperhatikan, daun pandan memiliki warna hijau muda yang mengkilap. Panjang daunnya seperti pita dengan tulang daun pada bagian tengahnya. Tepi daunnya bergerigi tajam untuk daun yang tua. Daun ini tidak lebih pekat warna hijaunya daripada daun suji. Tentunya bila digunakan untuk pemberi aroma makanan, Anda sebaiknya memilih daun pandan wangi. Tapi jika digunakan untuk pemberi warna hijau alami, sebaiknya Anda memilih daun suji.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat perbedaan keduanya pada gambar berikut ini :


Perbedaan Daun Suji dan Daun Pandan Wangi
Gambar : Perbedaan Daun Suji dan Pandan Wangi

Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

Tak sampai dengan fungsinya sebagai pewarna hijau alami, daun ini juga menyimpan khasiat yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Inilah beberapa manfaat daun suji bagi kesehatan beserta cara penggunaannya :

  • Mengobati Beri-Beri dan Disentri

Untuk menjadikan daun suji sebagai obat disentri dan beri-beri, caranya cukup mudah. Siapkan daun suji yang masih segar secukupnya saja. Setelah itu cuci sampai bersih kemudian ditiriskan. Selanjutnya, didihkan air dengan daun itu. Apabila sudah mendidih sampai tinggal setengah bagian, silahkan Anda saring dan ambil air hasil penyaringan. Anda bisa menikmatinya saat dingin satu gelas sehari untuk mengatasi disentri dan beri-beri.

  • Meringankan Nyeri Haid

Jika Anda wanita dan ingin meringankan nyeri haid, daun suji adalah salah satu solusi alami untuk mengatasinya. Untuk mengolahnya juga sama seperti cara mengobati beri beri dan disentri menggunakan daun suji diatas, yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu sampai menyisakan air setengah bagian. Kemudian dikonsumsi teratur satu gelas sehari.

  • Mengatasi Penyakit Kencing Nanah

Daun suji dipercaya bisa mengatasi penyakit kencing nanah. Cara menggunakannya juga seperti cara-cara diatas, hanya saja mengkonsumsinya dua gelas sehari.

  • Menyembuhkan Batuk Berlendir dan Berdarah

Batuk berlendir atau batuk berdarah adalah masalah yang cukup berbahaya. Maka dari itu sebaiknya segera diobati dengan dibawa ke dokter ataupun bisa dengan cara alami. Caranya dengan menyiapkan sekitar 20 lembar daun suji yang sudah dicuci bersih. Setelah itu daunnya ditumbuk hingga halus sambil ditambahkan air setengah gelas. Selanjutnya, ambillah sarinya dengan cara diperas terlebih dahulu lalu minum ramuan tradisional alami tersebut 2 kali sehari saat pagi dan malam hari.

Memang ada cukup banyak manfaat atau khasiat daun suji yang alami bagi kesehatan dan untuk obat. Sekarang tinggal Anda yang menentukan, apakah Anda ingin mencobanya atau tidak. 

BACA JUGA :

1. Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatan
2. Manfaat Daun Tapak Liman bagi Kesehatan

Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan wawasan atau pengetahuan baru untuk Anda yang sudah berkenan meluangkan waktu membaca artikel ini. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke sosial media Anda agar lebih banyak teman Anda yang mengetahuinya. Jika perlu, Anda dapat membaca artikel lainnya di blog ini dan berkomentar di bawah. Salam sehat !!!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D