Khasiat Buah Pinang untuk Kesehatan Wanita & Pria

Khasiat buah pinang untuk wanita dan pria memang cukup banyak, terutama dalam hal meningkatkan kesehatan dan mengobati penyakit. Pinang merupakan sejenis tanaman palma yang tumbuh di kawasan Pasifik, Afrika bagian timur dan Asia. Pelepah daunnya memiliki bentuk tabung dan panjangnya 80 cm. Tangkai daunnya pendek, panjang  daun sampai 80 cm, anak daunnya berukuran 5 x 85 cm, dan memiliki ujung yang sobek serta bergerigi.

Biji pinang memiliki rasa yang pahit dan mengandung alkaloida seperti kandungan arekolina dan arekaina. Keduanya memiliki sifat adiktif dan beracun. Jika dimakan beberapa jenis pinang akan menimbulkan rasa pening. Kandungan lainya adalah seperti guvacoline, arecaidiene, guracine, serta beberapa jenis unsur yang lain.

Manfaat Buah Pinang

Buah pinang memiliki beberapa khasiat yang bisa meningkatkan kesehatantubuh dan juga untuk mengobati berbagai macam penyakit. Apa sajakah manfaatnya ? Untuk itu mari kita ulas bersama dalam artikel berikut ini

Mengobati luka

Luka yang dapat diobati dengan buah pinang yaitu seperti luka jatuh dan luka akibat terkena pisau. Untuk caranya kita cukup dengan menumbuk daging buah pinang hingga halus kemudian kita mengoleskannya ke bagian yang mengalami luka. Untuk melakukan cara ini pilihlah buah pinang yang masih muda.

Meningkatkan vitalitas kaum pria

Buah pinang dipercaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas bagi kaum pria. Untuk menggunakannya kita bisa menjadikan buah pinang sebagai jus yang dicampur dengan telur ayam mentah kemudian diminum secara teratur.

Baik bagi ibu setelah melahirkan

Buah pinang akan baik bila dikonsumsi oleh ibu yang sudah melahirkan bayinya. Untuk mengolahnya, Anda dapat merebus buah pinang kemudian diambil sarinya setelah itu diminum secara teratur.

 Menyembuhkan rabun mata

Buah pinang dipercaya mampu mengobati penyakit rabun mata. Caranya hanya cukup dengan mengonsumsinya secara teratur.

 Mengatasi cacingan pada anak

Apabila Anda mempunyai anak yang mengalami cacingan, Anda tak usah khawatir. Buah pinang dipercaya mampu mengobati cacingan pada anak. Caranya yaitu dengan merebus buah pinang kemudian menyaringnya lalu diminumkan ke anak.

 Meningkatkan nafsu makan

 Daun pinang merupakan salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun pinang kemudian meminumnya secara teratur.


Buah Pinang
Buah Pinang di Pohon

 Manfaat lainnya dari buah pinang

Selain manfaat yang sudah kami sebutkan di atas masih ada lagi beberapa khasiat yang didapatkan dari buah yang satu ini. Manfaat tersebut antara lain antara lain adalah
  • Memperlancar buang air besar
  • Mengobati beri beri
  • Obat batuk alami
  • Mengatasi perut kembung
Itulah beberapa khasiat yang dapat Anda peroleh dari buah pinang. Ternyata buah yang satu ini menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan dan mengatasi beberapa masalah penyakit. Walau buah ini sering kita jumpai di pinggir pinggir jalan raya dan sebagai tanaman liar buah ini tetap menyimpan banyak kegunaan.


BACA JUGA :


Sebagai penulis kami mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan serta terima kasih karena Anda sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai khasiat buah pinang untuk wanita dan pria.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D