Khasiat Buah Merah Papua Bagi Kesehatan dan Mengobati Penyakit

Khasiat Buah Merah Papua 

Buah merah memiliki nama latin Pandanus conoideus lam. Termasuk tanaman dari family pandan pandanan, di Papua juga disebut dengan kuansu. Tinggi pohonnya sampai 15 m, ukuran buahnya sampai 50 cm, berat 3 kh dan diameter hingga 15 cm. Ketika matang akan berwarna merah, tapi kadang-kadang warnanya coklat kekuningan. Warnanya yang merah itulah yang membuatnya dinamai dengan buah merah.

Bagi masyarakat Wamena, Papua, buah ini dijadikan sebagai salah satu makanan utama untuk pesta adat yang disebut dengan bakar batu. Selain itu juga dijadikan sebagai beberapa obat alami secara turun temurun.

Khasiat Buah MERah Papua
Gambar : Buah Merah Papua

Kandungan Buah Merah

Ahli gizi dan seorang dosen dari sebuah Universitas Cendrawasih, Jayapura bernama Drs. I Made Budi MSc, melakukan penelitian dalam kandungan gizi berupa nutrisi dan senyawa yang terkandung didalamnya. Ternyata buah ini memiliki kandungan senyawa antioksidan berupa betakaroten 700 ppm, karoten 12.000 ppm, dan tokoferol 11.000 ppm.  Didalamnya juga terkandung omega 3 dan omega 9, baik omega 3 dan omega 9 merupakan asam lemak tak jenuh sehingga akan mudah untuk diserap tubuh dan membantu dalam proses metabolisme tubuh.

Kandungan lainnya seperti linolenar, asam deknaoat, asam linoeat, dan asam oleat juga akan membantu tubuh dalam menghambat radikal bebas. Betakaroten yang terkandung dalam buah kuansu alias buah merah ini juga akan membantu menghambat bertumpuknya flek di arteri sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar menuju ke jantung dan otak.

Khasiat Buah Merah Papua bagi Kesehatan

Buah merah menjadi buah yang cukup mengejutkan akan khasiatnya, karena buah ini menyimpan berbagai manfaat yang begitu ampuh dalam mengobati penyakit, bahkan untuk mengobati penyakit yang selama ini susah ditemukan obatnya yaitu HIV AIDS. Mau tahu lebih lengkap ? silahkan baca selengkapnya.

Manfaat Buah Merah untuk Mengobati HIV AIDS

Bertahun-tahun para ahli mencari-cari dengan melakukan berulang kali penelitian untuk menyembuhkan penyakit AIDS. Akan tetapi masih saja sulit untuk ditemukan obatnya. Hal yang mengejutkan pun terjadi, seorang bernama Agustina Sawery  mengalami gejala-gejala AIDS seperti berturunnya berat tubuh dari 50 kg menjadi 27 kg, kemudian mengalami gangguan fungsi hati, infeksi anus, infeksi paru-paru, dan mulut bercendawan. Hingga ia pun sudah menunggu waktu kematiannya.

Akan tetapi semenjak Agustina mengonsumsi ekstrak bua merah, kondisi kesehatan dia sedikit demi sedikit semakin membaik. Berat badannya pun kembali naik 46 kg, kulit yang busik menjadi kembali mulus, rambutnya yang rontok tumbuh lagi dan menjadi lebih bugar daripada sebelumnya.

Menurut kabar, buah merah memiliki kandungan betakaroten dan tokoferol yang tinggi. Kedua kandungan tersebutlah yang menjadi antioksidan dan berperan dalam mengingkatkan kekebalan tubuh. Hingga pada akhirnya kedua kandungan itu berkombinasi dan mampu memcam asam amino yang diperlukan oleh virus pemicu HIV AIDS sehingga virus tak mampu melanjutkan hidupnya.

Dikabarkan bahwa kemampuan buah merah menyembuhkan AIDS adalah karena buah merah mengandung banyak tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Tokoferol dan betakaroten ini akhirnya berkombinasi untuk memecah asam amino yang dibutuhkan oleh virus penyebab AIDS, HIV, sehingga virus tersebut tak dapat melangsungkan hidupnya.

Menyembuhkan Darah Tinggi dan Stroke

Penyebab stroke adalah darah yang membeku dan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Sedangkan darah tinggilah yang menjadikan penggumpalan darah sehingga menyebabkan pembuluh darah yang menyempit dan suplai darah berkurang. Penyakit ini amatlah berbahaya, karena bisa menyebabkan kelumpuhan hingga kematian.

Penyakit darah tinggi adalah penyakit yang disebabkan akibat kerja jantung yang memompa darah terlalu cepat akibat kekurangan oksigen ataupun oksigen yang terlalu kental. Kandungan dalam buah merah yaitu tokoferol akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengencerkan darah sehingga oksigen yang ada dalam darah menjadi normal kembali.

Mengatasi Tumor dan kanker

Kanker dan tumor merupakan sejenis penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga menimbulkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh normal. Kedua senyawa yang bernama betakaroten dan tokoferol dalam buah merah mampu mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Kencing Manis (Diabetes Mellitus)

Diabetes mellitus alias kencing manis merupakan penyakit yang disebabkan karena kelenjar pankreas yang tidak berkerja secara optimal dalam memproduksi insulin dengan jumlah yang cukup. Hingga akhirnya membuat kandungan gula darah jadi meningkat. Kandungan dalam buah merah atau kuansi akan membantu dalam memperbaiki kerja pankreas sehingga membuat fungsi pankreas semakin normal.

Asam Urat

Salah satu penyebab asam urat adalah gangguan fungsi lever sehingga membuat lever memproduksi asam urat terlalu berlebihan. Hingga kemudian asam urat pun tertampung ke dalam ginjal menjadi batu lalu dibawa ke ujung-ujung jari kaki dan tangan.

Kandungan tokoferol dalam buah merah akan membantu mengencerkan darah serta memperbaiki sistem kerja dari lever dan membuat kadar asam urat yang diproduksi menjadi normal kembali.

Khasiat Buah Merah Papua
Gambar : Buah Merah Papua

Pengeroposan tulang (Osteoporosis)

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah masalah yang terjadi pada tulang, khususnya bagi yang berusia lansia. Salah satu penyebab tulang keropos adalah tulang yang kurang mendapatkan suplai kalsium yang cukup. Buah merah memiliki 54.000 mg kalsium akan membantu mengatasi osteoporosis.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Otak adalah bagian yang sangat penting dari tubuh kita. Otak lah yang memiliki fungsi untuk berpikir. Kandungan omega 3 dan omega 6 yang terkandung di dalam buah merah papua akan membantu merangsang kerja otak menjadi lebih maksimal. Buah ini cocok sekali dikonsumsi oleh anak-anak sekolah agar semakin cerdas.

Mengobati Penyakit Mata

Betakaroten dalam buah merah Papua akan membantu mengatasi penyakit mata akibat kurangnya vitamin A. Ini karena kandungan betakaroten akan diserap oleh tubuh dan diolah jadi vitamin A.

Meningkatkan Gairah dan Kesuburan

Buah merah, menurut mereka yang mengkonsumsinya, dapat membantu meningkatkan gairah seksual kaum pria. Efek pengobatan bervariasi, ada yang bereaksi setelah 15 menit meminumnya, ada juga yang setelah satu atau dua jam meminumnya.

Vitamin E dalam buah merah Papua dapat membantu meningkatkan produksi sperma. Selain itu, buah merah mengandung energi tinggi, yaitu 360 kalori.

Meningkatkan Kesuburan dan Gairah

Menurut beberapa orang yang mengonsumsinya, buah merah mampu meningkatkan gairah bagi kaum lelaki. Biasanya akan berdampak setelah 15 menit mengonsumsinya. Kandungan vitamin E dalam buah merah akan membantu meningkatkan produksi sperma. Ditambah lagi adanya kandungan energi 360 kalori yang akan meningkatkan stamina pria.

Dapat disimpulkan bahwa buah merah Papua memiliki manfaat yang benar-benar amazing. Bahkan akhir-akhir ini juga dikabarkan mampu mengatasi penyakit paru-paru, wasir dan gangguan lambung. Manfaat luar biasa ini mari kita gunakan sebaik mungkin. Sebagai penulis, kami mohon maaf apabila ada salah kata dan terimakasih karena sudah membaca artikel mengenai Khasiat Buah Merah Papua. Silahkan bantu juga untuk share ke sosial media Anda !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D