-->

Khasiat dan Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah rambutan. Buah yang memiliki bentuk kulit yang unik menyerupai rambut ini membuatnya disebut sebagai rambutan. Buah ini umumnya berwarna merah kulitnya saat sudah masak, warna putih pada daging buahnya, dan terdapat biji bulat ditengahnya.  Rasa buah ini juga manis ditambah sedikit rasa asam. Buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga bisa menyegarkan bila dikonsumsi.

Buah rambutan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kesehatan ibu hamil. Namun sebelum itu mari kita bahas dulu sekilas mengenai kandungan gizinya.

Kandungan Buah Rambutan

Khasiat dan manfaat buah rambutan untuk ibu hamil
Image Source: commons.wikimedia.org
Di dalam buah rambutan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi itu seperti mineral, protein, fosfor, zat besi, asam folat, kalsium, magnesium, serat, antioksidan dan vitamin serta berbagai kandungan yang bermanfaat lainnya.  Selain buahnya, kulit rambutan juga mempunyai kandungan saponin dan tanin. Kemudian untuk bijinya memiliki kandungan lemak alami dan polifenol. Penelitian juga telah dilakukan bahwa dalam 100 gram buah rambutan memiliki kandungan 18 gram karbohidrat, 70 kalori, 2 gram serat dan juga 58 gram vitamin.

Sebagai tambahan, selain buah, kulit buah dan biji buahnya, bagian yang lain dari pohon rambutan seperti daun dan kulit kayunya juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh serta pengobatan. Misalnya saja kulit kayunya dipercaya bisa mengobati sariawan, sementara daunnya dipercaya bisa menghitamkan rambut dan mengatasi diare.

Khasiat Buah Rambutan untuk Kesehatan Ibu Hamil

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat rambutan untuk kesehatan. Namun sesuai judul, kita akan membahas manfaatnya bagi ibu hamil. Sebagai calon ibu, tentunya perlu memperhatikan setiap nutrisi yang dikonsumsi setiap hari agar tetap sehat dan lancar sampai masa kelahiran tiba.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa buah rambutan ini memiliki banyak kandungan gizi dan salah satunya adalah zat besi. Zat besi akan membantu untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Selain itu juga akan mencegah pusing atau kelelahan akibat anemia. Sementara itu, kandungan fosfor dalam buah rambutan bermanfaat juga untuk menyaring kotoran pada ginjal dan membantu memperbaiki jaringan atau sel tubuh yang rusak.
Buah rambutan bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan, sehingga ibu hamil akan terhindar dari masalah buang air besar, diare, sembelit dan mencegah resiko kanker usus besar. Kandungan lain dalam buah rambutan yaitu vitamin E akan membantu mencegah jerawat, penuaan dini, gatal-gatal dan kulit kusam saat masa kehamilan.

Selain hal itu, buah ini juga akan membantu menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah pembengkakan tangan dan kaki akibat kurang lancarnya sirkulasi darah saat hamil.

Buah rambutan memang buah yang menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan, termasuk untuk ibu hamil. Itu membuktikan bahwa di sekitar kita masih banyak bahan alami yang dapat kita manfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Jika bermanfaat, silahkan share informasi ini di sosial media Anda. Sebagai admin, kurang lebihnya kami mohon maaf dan terimakasih karena sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel kami mengenai manfaat buah rambutan untuk ibu hamil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel