-->

Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Buah Langsat

Buah langsat adalah jenis buah yang masuk dalam suku Meliaceae. Buahnya persis sama dengan duku dan daging buahnya juga sama hanya saja langsat dan duku ada perbedaan tersendiri. Buah langsat biasanya tidak tahan lama beda dengan duku, begitu juga rasa duku lebih manis dibandingkan dengan langsat.

Buah langsat atau juga memiliki nama lain langsep adalah sejenis buah yang termasuk suku Meliaceae. Langsat (L. domesticum var. domesticum) memiliki pohon yang kurus, bercabang tegak dan daunnya berwarna hijau tua. Buahnya berada pada sebuah tandan panjang yang berisi sekitar 20 butir buah. Kulitnya tipis dan memiliki getah putih. Rasanya asam manis.

Perbedaan Duku dan Langsat

Jika dilihat, langsat sangat mirip dengan duku. Namun ada beberapa perbedaan tertentu. Ciri-cirinya kami tulis dalam tabel berikut :

Buah Langsat

Buah Duku

Bentuknya agak oval

Bentuknya lebih bulat

Kulit buah tipis

Kulit buahnya tebal

Memiliki getah putih

Jika sudah matang tidak bergetah

Bijinya lumayan besar dibanding duku
Bijinya kecil

Daging buah berair

Daging buahnya tebal dan tidak terlalu berair

Rasanya asam manis

Rasanya manis

Tidak tahan lama setelah dipetik, hanya bertahan sekitar 3 hari


Bisa bertahan lebih lama setelah dipetik


Kandungan Gizi Buah Langsat


Buah yang mirip dengan duku ini ternyata memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Bahkan kandungan zat besi, kalori, dan mineral dari buah langsat ini setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk dan apel.

Untuk setiap 100 gr mempunyai kandungan sebagai berikut :
  • Kalori sebanyak 70 kal
  • Jumlah karbohidrat 13 gr
  • Mineral hingga 0,7 gr
  • Protein sejumlah 1 gr
  • Lemak total 0,2 gr
  • Kalsium sebanyak 18 mg
  • Fosfor sampai 9 mg
  • Kandungan Zat besi sebanyak 0,9 mg

Manfaat Buah Langsat
Gambar : Buah Langsat

Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan

Setelah kita membahas mengenai klarifikasi atau ciri-ciri, perbedaannya dengan duku serta kandungan nutrisinya. Sekarang saatnya untuk mengetahui untuk beberapa khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya :

  • Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat atau dietary fiber yang terkandung didalamnya akan membantu tubuh dalam proses pencernaan. Masalah seperti BAB yang tidak teratur juga dapat dibantu teratasi.

  • Obat demam dan cacingan

Biji langsat memiliki rasa pahit, dan ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk cacingan dan demam.

  • Mencegah penyakit kanker kolon

Kulit buah langsat adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah kanker kolon. Selain itu juga membantu mengatasi radikal bebas dalam tubuh.

Buah Langsat
Gambar : Buah Langsat 

  • Menyehatkan kulit

Ekstrak buah langsat adalah salah satu zat yang bisa menghambat enzim tirosinase. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan kulit.

  •  Obat Nyamuk Alami

Pakar IPB, telah melakukan sebuah uji coba bahwa ternyata kulit langsat bisa digunakan sebagai obat nyamuk alami. Kita tahu bahwa sekarang ini banyak obat anti nyamuk yang justru tidak bagus bagi kesehatan manusia. Sampai-sampai bisa menyebabkan penyakit seperti infeksi pada saluran pernapasan. Pada kulit langsat memiliki sifat yang basah walaupun rasanya asam manis. Untuk rendaman sebanyak 100 gr kulit langsat ke dalam 50 ml aquadest, pH sekitar 8-9.

  • Mengobati sengatan serangga

Selain buahnya, kulit kayu langsat ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat akibat dari sengatan serangga, yaitu seperti penyakit malaria, disentri, dan mengatasi sengatan kalajengking.



Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda mengenai buah langsat. Ternyata walaupun ukurannya kecil, rasanya asam manis, dan terkadang jika kita makan malah tidak sengaja memakan biji buahnya yang begitu pahit. Dibalik semua itu langsat tetap menjadi buah yang memiliki khasiat. Sebagai penulis, kurang lebihnya kami mohon maaf apabila ada kesalahan pada tulisan kami dan terima kasih karena Anda sudah membaca artikel kami tentang manfaat buah langsat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel