-->

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Salah satu anggota tubuh yang mendapat banyak perhatian adalah telinga, apalagi disaat telinga terasa gatal. Meskipun tidak ada kotoran di dalamnya, orang akan segera membersihkannya saat terasa gatal. Padahal, membersihkan telinga terlalu sering akan menimbulkan masalah baru bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa cara yang benar dan tepat yang harus diperhatikan saat membersihkan telinga.

1.    Gunakan Cairan Pembersih Baby Oil
Cara membersihkan telinga dengan benar
Image Source: pixabay.com


Untuk membersihkan bagian daun telinga, sebaiknya gunakan cairan pembersih baby oil dengan kapas. Kemudian, bersihkan secara perlahan di bagian daun telinga yang kotor.

2.    Cara Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Ketika menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, sebaiknya bersihkan hingga sebatas daun telinga saja. Jika membersihkan telinga terlalu dalam akan membuat kotoran semakin terdorong ke dalam dan menumpuk.

3.    Gunakan Cairan Khusus Pembersih Telinga

Jika telinga terasa gatal, gunakan cairan khusus pembersih telinga. Teteskan cairan tersebut ke dalam telinga, cairan tersebut akan mengeras dan keluar dengan sendirinya.

4.    Membersihkan dengan Cara Alami

Apabila kesulitan untuk mencari cairan khusus pembersih telinga, bersihkan dengan cara alami yaitu dengan menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat, peras dan putar kapas hingga membentuk kerucut. Kemudian, bersihkan bagian telinga yang terasa gatal.

5.    Memakai Cotton Bud Berbentuk Kail

Jika terdapat kotoran yang sudah membantu di bagian dalam telinga, bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang salah satu ujungnya berbentuk kail tetapi jangan gunakan alat yang terbuat dari logam.
Jika permasalahan telinga tak kunjung teratasi, konsultasikan kepada dokter yang berpengalaman. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran yang mengeras. (Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung secara Alami)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel