5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung secara Alami

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Telinga merupakan aset berharga bagi manusia untuk mendengarkan semua suara yang ada di dunia ini. Tanpa suara bagaimana caranya mendengarkan lagu kesukaan, mengerti makna dari sebuah film, mendengarkan curahan hati, dan bagaimana kita bisa mendapatkan sebuah informasi dari orang lain. Itulah pentingnya mendengarkan suara bagi kehidupan. Untuk itu, jagalah kesehatan telinga supaya terhindar dari beberapa penyakit yang menyerang telinga.

Namun, pernahkah mengalami telinga mendengung dan hanya mendengar suara “ iiiingg...”?. Hal tersebut merupakan gangguan pada telinga atau dalam kajian islam jika telinga mendengung berarti sedang mendapatkan isyarat. Isyarat tersebut merupakan tanda bahwa sedang disebut namanya oleh Nabi Muhammad SAW dalam majelis besar tentang kebaikannya di alam sana dan  adapula hadis yang menerangkan hal ini. Disarankan untuk membaca solawat Nabi.

Tapi, ada pula telinga mendengung karena gangguan pada telinga, seperti mendengar suara terlalu keras, kemasukan air, faktor usia, terkena flu dan pilek atau gangguan lainnya. Sehingga membuat suatu salah paham satu dengan yang lain saat berkomunikasi dan apabila terus dibiarkan dapat mengakibatkan ketulian. Untuk mengatasinya dapat menggunakan beberapa tips berikut ini.


Tips Mengobati Telinga Mendengung secara Tradisional tanpa Obat


1. Meniup Telinga
.Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Apabila sedang mengalami masalah telinga mendengung dapat diatasi dengan cara meniupkan udara pada telinga dengan minta bantuan teman atau orang lain. Sebab, telinga mendengung bisa diakibatkan adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar telinga. Lalu, bagaimana jika tidak ada orang di sekitar kita saat mengalami telinga mendengung?

Untuk mengatasi telinga mendengung dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Caranya, genggam tangan tapi dikasih celah di tengahnya, kemudian tiupkan udara di bagian tengah tersebut. Selanjutnya tempelkan pada telinga yang mendengung.

2. Membersihkan Telinga

Telinga mendengung bisa disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada telinga. Oleh sebab itu gunakan cotton bud dan minyak pembersih telinga untuk membersihkan kotoran dalam telinga, sehingga terhindar dari telinga mendengung.

3. Hindari Mendengarkan Musik Keras

Agar terhindar dari telinga mendengung, hindari mendengar musik dengan volume keras atau menggunakan headset. Apabila mendapatkan pekerjaan yang memiliki tingkat suara yang tinggi dan bising, wajib menggunakan penutup telinga atau earplug. Jika tidak diindahkan maka berakibat pada ketulian.

4. Cukup Istirahat

Kurang istirahat juga dapat memicu terjadinya telinga mendengung. Sehingga cukupi kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi minuman beralkohol dan rokok, sebab dapat memperparah gangguan pada telinga.

5. Hindari Salah Posisi Saat Tidur

Saat tidur dengan posisi miring telinga satunya dapat tersumbat oleh bantal. Sehingga menyebabkan udara tidak dapat masuk ke telinga dan merubah tekanan di dalamnya. Saat bangun tidur maka akan sering mengalami gangguan pada telinga seperti telinga mendengung.

Demikian tadi tips untuk mengatasi telinga mendengung. Jadi, apabila mengalami telinga mendengung secara terus menurus dan tidak dapat diatasi dengan cara diatas, segera memeriksakan pada dokter spesialis untuk mengetahui gangguan pada telinga. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D