-->

Macam-macam Olahraga untuk Anak yang Baik bagi Kesehatan

Macam-macam Olahraga untuk Anak Sejak Dini


Olahraga sejak usia dini merupakan hal yang paling baik. Dengan mengenalkan kepada anak untuk sering berolahraga dapat membantu proses tumbuh kembang si anak dan membuat tubuh menjadi sehat. Namun, tidak semua jenis olahraga diperuntukkan bagi anak – anak. Untuk itu, alangkah baiknya jika tetap memilih jenis olahraga yang baik dan tidak membahayakan anak. 


Jenis Olahraga untuk Anak-Anak untuk Melatih Bakat dan Baik Bagi Kesehatan

Berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan bagi anak – anak. 

Macam-macam Olahraga untuk Anak


  • Sepak Bola 

Sepak bola merupakan olahraga yang paling familiar di dunia, hampir setiap negara memiliki tim sepak bola. Setiap 4 tahun sekali diadakan pertandingan sepak bola antar negara yang merebutkan sebuah piala dan mengharumkan nama negaranya. Untuk itu, alangkah baiknya anak – anak diajarkan bermain bola yang mungkin kelak bisa menjadi pemain tim nasional yang dapat mengharumkan nama bangsa. Sekarang sudah marak tempat football school dari klub biasa hingga klub yang paling terkenal dan menghasilkan pemain terbaik dunia. Selain itu, sepak bola juga memiliki manfaat melatih kekuatan otot, koordinasi, fleksibilitas, keseimbangan, kerjasama, disiplin, kepemimpinan dan mengontrol berat badan.


  • Bersepeda

Setiap orang pasti pernah mengalami pengalaman naik sepeda. Pada awalnya menggunakan sepeda roda tiga untuk mempermudah belajar di usia 3 tahun, seiring berjalannya waktu setelah berusia 5 tahun beralih ke roda 2 dengan dibantu orang  tua memegang kursi bagian belakang sepeda. Tetapi anak dengan cepat mampu menguasai dan menikmati bermain sepeda. Namun, jangan lupa untuk tetap memakaikan alat keamanan untuk bersepeda seperti helm dan pelindung tangan serta kaki. Bersepeda merupakan jenis olahraga yang dapat menguatkan otot kaki, melatih koordinasi, keseimbangan tubuh, melatih disiplin kepada anak, meningkatkan kebersamaan keluarga dengan bersepeda bersama – sama, dan mengajarkan kepada anak tentang pentingnya menjaga lingkungan bahayanya polusi, sehingga di biasakan naik sepeda sejak kecil.


  • Berjalan

Berjalan mungkin terlihat sudah biasa dilakukan oleh anak – anak, namun yang dimaksud berjalan disini adalah melatih kebersamaan bersama keluarga dengan mengajak si buah hati melakukan kegiatan pendakian atau berjalan – jalan sejak kecil. Hal ini selain bertujuan melatih kekuatan kaki anak, juga dapat memperkenalkan alam, melihat isi dunia dan tetap membuat anak menjadi bugar. 


  • Softball dan Baseball

Permainan softball dan baseball merupakan permainan yang paling diminati oleh anak – anak, terutama di benua Amerika. Sejak satu abad yang lalu permainan ini sudah banyak digemari oleh anak laki – laki dan perempuan disana yang bermimpi ingin menjadi pemain baseball profesional sampai sekarang. Permainan ini mengedepankan kerjasama, kebersamaan, disiplin, dan kepemimpinan. Selain itu juga bermanfaat melatih kekuatan fisik, menjaga keseimbangan, serta melatih koordinasi mata dengan tangan.


  • Sepatu Roda

Sepatu roda merupakan permainan yang jarang dimainkan oleh anak – anak di Indonesia, namun sangat populer di negara – negara Eropa dan Amerika. Bermain sepatu roda dapat diajarkan mulai usia 4 tahun yang sudah mempunyai ketrampilan motorik yang sangat baik. Namun, perhatikan pula keamanan si buah hati dengan mengenakan helm dan pelindung lutut serta pelindung siku supaya terhindar dari cidera. Manfaat dari bermain sepatu roda adalah dapat melatih keseimbangan, fleksibilitas, dan kebebasan pada anak. 



Nah, itulah tadi olahraga yang diperuntukkan bagi anak. Jadi, olahraga sangat penting diperkenalkan kepada anak sejak usia dini supaya menjadikan anak tersebut sehat dan bergaya hidup sehat sampai dewasa nanti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel