Khasiat Buah Srikaya bagi Kesehatan

Khasiat Buah Srikaya

Srikaya adalah tanaman buah yang memiliki nama latin Annona squamosa L. dan juga memiliki banyak sebutan. Di Indonesia saja, ada yang menyebutnya dengan serba bintang, delima bintang, seraikaya, serkaya, surikaya, srikoyo, sarikaya, sirikaja, garosi, hirikaya, dan sebagainya. Nah, kalau di tempat Anda buah ini disebut buah apa ?

Kalau kita perhatikan mengenai daun dan buahnya, tampaknya srikaya memang agak serupa dengan sirsak, hanya saja ini lebih kecil. Khasiatnya juga begitu, baik sirsak maupun srikaya memiliki daun yang bermanfaat untuk pengobatan. Dan bisa dikatakan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman buah srikaya ini bisa digunakan untuk pengobatan herbal.

Buah Srikaya
Gambar : Buah Srikaya

Kandungan Gizi Buah Srikaya

Kira-kira apa saja ya kandungan buah srikaya ini ? Ternyata, buah srikaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk rincian mengenai kandungannya adalah sebagai berikut.

Untuk 100 gr buah srikaya dapat dikonsumsi bagiannya sekitar 48% karena di dalam buah ini mempunyai banyak biji. Dan dari 48% bagian itu memiliki kandungan :
  • Energi sebesar 63 kkal
  • Karbohidrat sampai 13,9 gr
  • Protein sebanyak 1,1 gr
  •  Lemak total 0,5 gr
  • Kalsium sejumlah 127 mg
  • Fosfor sampai 30 mg
  • Zat Besi sebanyak 2,7 mg
  • Vitamin A sebesar 0 IU
  • Vitamin C mencapai 28,3 mg
  • Vitamin B1 sejumlah 0,08 mg 

Khasiat & Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Kandungan dari buah srikaya memang cukup banyak dan setiap kandungan itu bermanfaat bagi tubuh kita. Tak hanya mirip dengan sirsak, khasiatnya juga tak kalah dengan buah sirsak. Lalu apa saja sih khasiat dari buah berdaging buah putih dan berbiji buah hitam ini ?

Khasiat Buah Srikaya
Gambar : Buah Srikaya

Mencegah asma

Srikaya adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin C ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang nantinya bisa digunakan untuk mencegah beberapa penyakit dan salah satunya ialah penyakit asma. Jadi apabila ada orang di sekitar Anda mengalami asma, sebaiknya Anda rekomendasikan dengan menggunakan buah srikaya ini.

Mengontrol kadar gula darah

Buah srikaya memiliki banyak kandungan serat. Apabila Anda mengonsumsi 2 buah srikaya saja, maka Anda sudah memenuhi setengah dari kebutuhan serat harian tubuh. Tak hanya itu saja, konsumsi buah srikaya juga dipercaya bisa mencegah resiko terkena diabetes tipe dua.

Menurunkan tekanan darah

Buah srikaya memiliki kandungan potassium. Potassium inilah yang akan berperan untuk menurunkan tekanan darah. Potassium mampu mengontrol efek dari sodium yang ada pada tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Buah srikaya memiliki kandungan vitamin B. Vitamin B itulah yang dapat mencegah berkembangnya homocystein. Homocystein adalah zat yang bisa menyebabkan stroke dan jantung koroner apabila jumlahnya besar. Untuk itu dengan adanya kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya akan membantu untuk mencegahnya.

Menjaga persediaan kandungan Vitamin B

Vitamin B adalah vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi tubuh. Nah, dengan adanya riboflavin yang terdapat dalam buah srikaya akan bisa membantu untuk memantau apakah kebutuhan tubuh terhadap vitamin sudah terpenuhi atau tidak.

Membantu tubuh dalam menghasilkan energi

Srikaya memiliki kandungan thiamin. Thiamin adalah salah satu zat yang bisa membantu untuk mengubah gula menjadi energi. Jadi apabila Anda seharian lelah beraktivitas, bisa konsumsi bauh srikaya setelahnya.

Memperkuat tulang

Buah srikaya mengandung magnesium. Magnesium memang terbukti bisa membantu dalam menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat. Maka tak heran, beberapa suplemen makanan akan ada magnesium sebagai komposisinya.

 Menjaga kesehatan kelenjar tyroid

Kelenjar tyroid merupakan kelenjar yang paling besar di dalam tubuh. Letaknya berada pada leher di bagian depan. Kelenjar tyroid bisa mengeluarkan enzim yang berperan bagi tubuh bernama tyroxine. Karena buah srikaya mengandung tembaga, maka akan membantu untuk menstimulasi kerjadi dari tyloid itu.

Membantu menurunkan kolesterol jahat

Kandungan niacin yang ada dalam buah srikaya akan bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh kita.

Mencegah gangguan kehamilan

Folat ternyata adalah anggota dari vitamin B, atau biasa disebut dengan sebutan vitamin B9. Kandungan folat tersebut akan membantu untuk mencegah terjadinya cacat bagi janin dari ibu hamil.

Wow, ternyata ada cukup banyak ya manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh kita dan mengobati penyakit. Selain buah rasanya manis dan lezat ternyata menyimpan banyak khasiat. Jangan lupa share informasi ini ke sosial media Anda ya sahabat jika bermanfaat. Sebagai penulis, kurang lebihnya kami mohon maaf dan terimakasih karena Anda sudah berkenan membaca artikel mengenai khasiat buah srikaya.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D