Makanan yang Banyak Mengandung Lemak Trans

Lemak trans atau lemak jenuh tunggal termasuk kandungan di dalam makanan yang harus dihindari oleh semua orang karena berkaitan erat dengan penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya. Walaupun secara umum, tubuh membutuhkan asupan lemak namun yang dibutuhkan tetap dalam kualitas tertentu karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans.

Makanan yang mengandung lemak trans

1.    Adonan Kue Instan

Menggunakan kue instan memang dapat mempermudah ketika membuat kue karena tidak perlu meracik bahan-bahannya terlebih dahulu. Namun, adonan kue instan yang banyak dijual di pasaran mengandung lemak trans yang berdampak buruk pada kesehatan apabila di konsumsi terlalu sering.

2.    Kentang Goreng

Kebanyakan orang pasti menyukai kentang goreng karena mempunyai rasa yang nikmat dan gurih. Padahal, kentang goreng merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung lemak trans yang berasal dari proses penggorengannya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan ini dapat menyumbat arteri dan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

3.    Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang banyak mengandung lemak trans, karena jenis minyak yang digunakan selama beberapa kali.

4.    Kue Beku

Produk makanan yang dipanggang, terutama yang dapat di simpan dalam waktu yang lama di dalamnya mempunyai banyak kandungan minyak trans yang cukup banyak.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, namun harus tetap dikonsumsi dalam kadar yang bijaksana atau yang tidak berlebihan. (Baca juga: Waspadai Bahaya Makanan Beku bagi Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D